Breaking

Tuesday, March 23, 2021

SDN 21 Tanjung Palas Dumai Penuhi Progres Adiwiyata

MWawasan, Dumai (RIAU)~ Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan dan juga Adiwiyata  merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup. 


Sehubungan dengan itu saat ini ada lima sekolah SD yang ada di Dumai dilirik dan di undang oleh Dinas Lingkungan hidup (LH) mendapatkan Adiwiyata,salah satunya SDN 21 Tanjung Palas saat ini sedang mempersiapkan diri melaksanakan program Adiwiyata.


Kepala Sekolah SDN 21 Tanjung Palas Dumai,Sejati.Spd.SD kepada wartawan di ruanganya pada 22/03/2021 menjelaskan,


"Sekolah kita saat ini mendapat Adiwiyata dalam mempersiapkan diri sesuai dengan tuntutan Adiwiyata itu sudah kami penuhi dan kita terus berprogres dan sudah kita sosialisasikan melalui dinas lingkungan hidup (LH)."


Menurut ibu sejati,Adiwiyata ini mencakupi semua lini mulai dari pada kepedulian terhadap lingkungan hidup yang ada di sekitar lingkungan sekolah antara lain menyangkut keserasian,kebersihan,ke indahan,menjaga lingkungan,ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.


Selain itu ada berbagai progres yang sudah kami lakukan antara lain kita membuat pupuk cair yang bahan bahan bakunya dari limbah rumah tangga yaitu dari limbah cucian beras lalu kita campurkan dengan zat EM4 yang berfungsi sebagai zat pengurai di tambah dengan kalose jadilah ia pupuk cair.


Selanjutnya kita juga membuat pupuk padat (pupuk kompos)yang bahan bahanya berasal dari daun daunan lalu kita permentasikan dengan mencampurkan zat EM4 yang merupakan sebagai zat pengurai.


Selain itu Ada juga beberapa tanaman Adiwiyata yang sangat bermanfaat bagi lingkungan hidup seperti bunga Lidah mertua,lidah buaya,bambu cina dan sebagainya kita tanami di sekitar lingkungan sekolah.


Seperti bunga Lidah mertua bermanfaat dan berfungsi dapat menyerap toksin toksin yang ada di sekitarnya,bambu cina dapat meredam/kedap suara,lidah buaya banyak manfaatnya bisa untuk obat herbal termasuk bisa untuk shampo dan lain lain sebagainya.


Semua tuntutan dan berbagai progres Adiwiyata itu sudah kita penuhi terang Sejati.Spd.SD kepada wartawan.


#Muhardi

No comments:

Post a Comment





BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas