Breaking

Wednesday, January 13, 2021

Lurah Kiru- Kiru Aktif Menjalin Komunikasi dengan Masyarakat

MWawasan, Barru (SULSEL)~ Bukan waktu sebentar bagi Mardin, S. Sos dipecaya mengemban tugas sebagai Lurah. Lelaki yang akrab disapa Pak Mardin ini sudah 9 tahun merasakan jadi Lurah di kelurahan Kiru- kiru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.


Sejak  2011 lalu ia dipercaya memimpin Kelurahan Kiru- kiru.  ”Saya mungkin lurah yang terlama di antara lurah-lurah lainnya. Saya syukuri karena diberi kecercayaan untuk melayani masyarakat. Ada kepuasan tersendiri bisa membantu dan mempermudah kepentingan warga,” kata Mardin di kantornya.


Ia mempunyai prinsip bahwa ukuran sukses bukan dilihat dari jabatan maupun harta benda yang dimiliki, melainkan bisa memberi manfaat untuk orang lain. Sekian banyak pengalaman ini sering saya bagikan kepada warga” ujarnya. Dari pengalaman tersebut, ia pun menyadari setiap wilayah memiliki karateristik berbeda, termasuk kebiasaan yang berlaku pada warga setempat.


Karena itu, model kepemimpinan yang diterapkan di suatu tempat dengan tempat lainnya bisa saja berbeda. ”Saya tidak pernah memosisikan sebagai lurah, namun lebih kepada pelayan masyarakat. Warga adalah majikan, jika saya bekerja tidak baik, maka masyarakat berhak dan bahkan wajib menegur saya,” tandas Mardin.


Lurah Yang sebentar lagi memasuki masa pensiun ini memanfaatkan setiap kegiatan untuk menyampaikan informasi maupun program yang dicanangkan oleh pemerintah kabupaten. Sejak awal dia membiasakan diri mudah berkomunikasi dengan siapa saja dan selalu terbuka kepada warga. Dengan begitu, Mardin merasa tidak memiliki beban dalam bekerja.


”Saya sudah berkomitmen siap turun kapan saja jika dibutuhkan masyarakat. Masalah yang ada di masyarakat juga masalah kami bersama, sehingga sering saya sampaikan kepada warga jangan pernah merasa takut menghadapi masalah,” jelasnya.


Menurut lulusan Ilmu Sosial Politik itu, aktif berkomunikasi merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh seorang lurah, sehingga bila ada persoalan yang muncul di masyarakat cukup diselesaikan dengan cara musyawarah. 


”Di lingkungan kantor pun juga saya edukasi. Khusus menyangkut pelayanan, saya tanamkan semua harus kerja bersama. Sehingga warga tidak perlu menunggu lama setiap ingin mendapat pelayanan, ujar Mardin.


#Arfah/Anis

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas