Breaking News

Ketua TP.PKK Sifrowati Yulianto Salurkan Bantuan Tanki Pencucian Tangan Di Pasar Ujung Gading

MWawasanPASBAR (SUMBAR)------ Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat Sifrowati Yulianto, menyalurkan Tanki tempat cuci tangan dan pemberian Anti Septik Alami pencegah virus Covid-19, yang dilaksanakan dibeberapa Pasar yang buka setiap harinya, Salah satunya dipasar Ujung Gading, Kenagarian Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, minggu (05/04/2020).

"Pemberian tanki tempat pencucian tangan ini dianggarkan dari dana Posyandu, yang dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) yang akan diserahkan kepada pihak pemerintah Nagari untuk dapat dikelola oleh pihak Pasar dan dapat dipergunakan oleh masyarakat yang berkunjung atau keluar masuk pasar.
Penyerahan tanki tempat cuci tangan dan pemberian Anti Septik Alami juga dihadiri Oleh, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, pengelola pasar, beberapa Opd lainya, pemuda dan disaksikan oleh Masyarakat setempat.

Sifrowati mengatakan, dengan adanya pemasangan tempat pencucian tangan di pasar Ujung Gading, semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat demi menjaga hidup sehat, dan bersih dari kuman yang dapat menghindari penyakit, dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

H.Sutarman sebagai salah seorang Pengelola Pasar Ujung Gading mewakili masyarakat mengatakan Kami sangat berterima kasih kepada pihak pemerintah yang cepat tanggap memperhatikan masyarakat nya dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid19, dengan memberikan bantuan dua Tanki pencucian tangan di pasar ujung gading. Dari kecamatan dan nagari sudah melaksanakan penyemprotan dimasing-masing jorong yang ada di kecamatan Lembah Melintang.

Semua masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan berolahraga, membersihkan tempat pekarangan rumah, dan selalu menjaga kesehatan dengan cara menghindari yang akan menyebabkan mudahnya terjangkit oleh penyakit, dan Virus covid19, himbau Sifrowati.

Dalam kesempatan yang bersamaan Sifrowati juga membagi-bagikan Anti Septik buatan Tim Relawan Covid-19 yang ide nya dimunculkan oleh sifrowati sendiri, untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai pendamping alat pencuci tangan secara efektif tanpa menggunakan Alkohol, yang telah mendapatkan persetujuannya dari pihak Dinas kesehatan, untuk dapat digunakan oleh masyarakat Kabupaten Pasaman Barat." Khusus nya masyarakat ujung gading sekitarnya,ungkap Sifrowati.

Sementara itu kepala Dinas DPMN Etris Dsem mengatakan, pembuatan dan pengadaan Tanki tempat pencuci tangan yang anggarannya dilihkan dari dana Posyandu, pola nya kita ambil dari himbauan pemerintah yang telah disebarkan tentang tidak diperbolehkan untuk berkumpul kumpul,karena nantinya akan mudah terjangkit Virus.

"kita merasa terinspirasi dengan ada Pola cara menjaga hidup bersih dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, melakukan pembuatan tempat pencucian tangan sesuai, dari himbauan dari urutan nomor 2, tentang cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir  dengan baik dan bersih, sebelum melakukan aktifitas apapun dan agar dapat menghindari pencegahan Covid-19 

Etris juga mengatakan, Pihak pengelola DPMN juga telah menganggarkan 20 unit tempat pencucian tangan, yang anggarannya dialihkan dari dana Posyandu untuk pembuatan tempat pencucian tangan, yang terdiri dari Poly Tanki, kedudukan rangka tanki yang terbuat dari besi, Viva Paralon, bak Stenlis, selang benang, dan sabun untuk pencuci tangan, yang pendanaannya diperikan 2.5 Juta/Unit.Siap disebarkan di setiap pasar yang buka tiap hari dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Semoga dengan adanya pengadaan tempat pencucian tangan ini dapat bermanfaat bagi masyarakan yang mengunjungi pasar dan bagi pedagang, dengan cara mencuci tangan untuk melakukan pencegahan covid 19, disamping juga diharapkan untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masingmasing," harap Etris.
#Arman

No comments