Breaking

Friday, April 17, 2020

Covid-19 telah mengubah segalanya

MWawasan,Madura ~ Kesehatan dunia pada saat ini sedang booming-boomingnya begitupun pada kasus kesehatan pada setiap insan yang sedang menyorot didunia, Disamping itu  juga telah mengganggu perekonomian Indonesia

Belahan dunia, banyak yang bersudut pandang pada penyakit virus ini yang biasa kita kenal dengan Covid-19. Semua penjuru media banyak yang membincangi permasalahan ini dari telefisi, radio dan semacamnya.

Virus ini pertama berasal dari wuhan cina, beberapa dokter mengemukakan bahwasanya firus ini menginfeksi sistem pernapasan. Virus Corona menyebabkan penyakit flu biasa sampai penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan Indonesia, perkembangan kasus COVID-19 di Wuhan berawal pada tanggal 30 Desember 2019 dimana Wuhan Municipal Health Committee mengeluarkan pernyataan “urgent notice on the treatment of pneumonia of unknown cause”. 

Negara Indonesia pun ikut andil dalam mencegah masuknya virus ini ke negaranya dikarenakan hingga saat ini penularan virus Corona terus terjadi. Kota pamekasan tidak disangka sangka, dimana kota ini adalah kelahiranku, Penyebaran virus Corona ini sangat cepat bahkan sampai ke lintas negara. 

Penyebaran virus Corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian dunia baik dari sisi perdagangan, petani dan pariwisata begitupun sang pengejar ilmu Allah.Pada saat ini pun berita tentang kasus wabah virus Corona masih hangat diperbincangkan dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat sendiri bagaimana cara menghindari ataupun mencegah wabah virus itu untuk masuk dalam lingkungan sekitar mereka.
    Tentu dalam konteks mengatasi virus corona ini perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak, sehingga tahap pertama yang perlu dilakukan adalah saling percaya dan bersinergi bahwasanya kita bisa mengahadapi masalah ini.

                      Sedikit kita belajar bahasa Arab dengan ungkapan teks bahasa Arab tentang virus Corona, beserta artinya.
حسنا baik

أيها الإخوة والأخوات

سنبحث أما يتعلق
sekarang, kita akan membahas tentang virus Corona.
الان إنتشر فيروس كورونا
Saat ini menyebar virus Corona
أو يعرف بكوفيد تسعة عشر 
Atau dikenal dengan Covid -19
نبقى في بيوتنا
Kita diam saja dirumah
ولا نتجول لبعض الوقت
Dan tidak bepergian untuk sementara waktu
إذا أصابك الحمى
 Jikalau km demam
فاذهب إلى الطبيب على الفور 
Maka segera pergi ke dokter
نظرا لتفاشي كورونا
Mengingat mewabahnya virus Corona
من المفروض ان نحقق التباعد الاجتماعي
Sudah seharusx kita menerapkan social distancing
 شكرا.


Oleh: Sitti rofiatul mawardhoh
Jurusan: bahasa arab
Semester: 6
Kampus: Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura)

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas