Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Monday, March 2, 2020

Plasma Batang Alin Terbakar, Masyarakat dan Tim Gabungan Berhasil Memadamkan Api

MWawasan, Pasbar (SUMBAR)~ Berkat kerja keras dan kegigihan Tim Terpadu Gabungan TNI, POLRI, BPBD, Management PT. Bakri dan masyarakat untuk memadamkan  kebakaran lahan kelapa sawit di Plasma Batang Alin, Blok A6, Jorong Lubuk Juangan, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) pada hari Kamis (27/2) lalu, akhirnya berhasil dipadamkan, Minggu, (1/3/2020).

Tim Terpadu Pemadaman Karhutla yang telah dilakukan selam Empat hari tersebut dipimpin langsung oleh, Kabag OPS Polres Pasbar, Kompol, H. Muddasir, SH, MH dan juga didampingi oleh Kapolsek Gunung Tuleh IPTU Zulfikar, SH, MH, Kapolsek Lembah Melintang, IPTU Alfian Nurman, SH, dan kepala BPBD Pasbar, Drs. H. Edy Busti.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Ferry Herlambang melalui Kabag OPS, Kompol H. Muddasir kepada mediawawasan.com mengatakan, alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik antara TNI, POLRI, BPBD, pihak Perusahaan dan masyarakat dalam memadamkan kebakaran lahan perkebunan masyarakat seluas 4 Hektar dihari ke Empat ini api telah berhasil dipadamkan.

"Alhamdulillah, dihari ke Empat pasca terjadinya kebakaran pada hari Kamis (27/2) lalu, api sudah berhasil kita padamkan. tentunya ini berkat kerja keras dan kerja sama yang baik antara personil yang bekerja dilapangan dengan bantuan masyarakat,"ungkap Muddasir.

Muddasir menambahkan, untuk selanjutnya pengawasan dan keamanan lahan ini akan kita serahkan kepada pihak PT. Bakri dan pengurus kelompok tani Batang Alin Permai untuk memastikan dan mengantisipasi kemungkinan timbulnya titik api yang baru.

"Situasi saat ini sudah dalam keadaan aman dan terkendali, selanjutnya untuk pengawasan kita serahkan kepada pihak perusahaan dan kelompok tani agar dapat menjaga dan menghindari munculnya titik api yang baru,"terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Tuleh, IPTU Zulfikar mengatakan, Jumlah personil POLRI yang diturunkan dalam kegiatan pemadaman kalhuta tersebut terdiri dari, 35 orang dari gabungan personil Polres Pasbar, Polsek Lembah Melintang dan Polsek Gunung Tuleh, 20 orang dari porsonil TNI serta dari BPBD Pasbar serta dari pihak perusahaan dan masyarakat.

"Dalam upaya memadamkan kebakaran ini, Polres Pasbar menurunkan 35 orang personil gabungan dari Polres, Polsek Guntul dan Polsek Lembah melintang, serta pihak perusahaan dan masyarakat,"ujar Zulfikar.

Ditambahkan, dalam memudahkan tim untuk memadamkan api, disamping menggunakan peralatan seadanya seperti pelepah sawit, petugas dan masyarakat juga dibantu dengan menggunakan 6 Unit pompa air dan satu Unit Exavator untuk menghindari melebarnya penyebaran api.

"Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik antara tim terpadu ini, api sudah berhasil kita padamkan. Semoga kekompakan dan kebersamaan ini dapat kita pertahankan untuk kedepannya, karena kerja yang berat sekalipun akan terasa ringan jika dilakukan bersama," pungkasnya.

Disamping itu, kepala BPBD Pasbar, H. Edi Busty mengatakan, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kegigihan dan kerja sama yang baik antara tim yang telah berjibaku dan tak kenal lelah dalam memadamkan api yang telah menghanguskan 4 Hektar perkebunan sawit masyarakat itu. Semoga masyarakat agar lebih berhati-hati kedepannya mengingat sekarang lagi musim panas dan angin kencang yang bisa menimbulkan kebakaran.


#Arman

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang diSemoga Anda Puas