Breaking News

Ketua TP PKK Sifrowati Yulianto Buat Antiseptik Alami


MWawasan, Pasbar (SUMBAR)~ Dalam Situasi Wabah Virus Covid-19 yang sudah mendunia, Ketua TP PKK Pasaman Barat. Sifrowati ikut membantu pembuatan Anti Septik alami dan praktis dari hasil kreatifitasnya di rumah Ibu Liza Safitri Jorong Sukomananti, Nagari Aua Kuniang, Senin (30/3/2020).

Sifrowati melihat keadaan sekarang yang sangat memprihatinkan maraknya wabah virus corona (covid-19) yang sudah menyerang seluruh penjuru dunia.Berdasarkan informasi  kemarin ada satu orang yang meninggal dunia di Padang, maka timbullah ide dan niat bagaimana alat pelindung diri APD maupun bahan pencuci tangan seperti Detol ini bisa di wujudkan, karena detol juga sudah langka dan mahal serta masyarakat menengah kebawah juga tidak mampu membeli anti septik ini.oleh sebab itu muncullah keinginan dan ide bagaimana cara pembuatan anti septik dari bahan alami, bahannya ada di sekitar masyarakat.

Setelah dipelajari cara pembuatan Anti septik alami ini yang diikuti oleh berbagai organiasai Ibu-Ibu TP.PKK, GOW,PERWOSI, AJO PASBAR dan organisasi lainnya ikut serta dalam proses pembuatan.

Bahan tersebut terdiri dari Daun sirih merah, daun sirih biasa,serai wangi,di cuci bersih 2 sampai 3 Kali dengan takaran global 64 liter air galon/air bersih, 2,8 Kg serai wangi, 400 gr daun sirih merah lalu masukkan air yang sudah mendidih semua daun sirih merah,daun sirih biasa dan daun serai wangi,setelah direbus hingga mendidih lalu di dinginkan dan siap di masukkan ke botol yang ada dan bisa digunakan seperlunya tidak boleh di perjual belikan dan sudah di uji oleh Dinas Kesehatan, kata Sifrowati.

Dengan kekompakan Ibu-Ibu dan kesepakatan bersama yang tergabung dalam organisasi ini maka anti septik yang dibuat yang mana nantinya dalam jumlah banyak juga bisa dibagikan ke masyarakat dan lokasi tenda yang disediakan untuk bisa di ambil dengan membawa botol untuk siapa saja, ucap Sifrowati.

#Arman

No comments