Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Sunday, January 26, 2020

Disnakan Sarolangun Akan Salurkan Puluhan Ribu Bibit Ikan

P- Bersama 12 Ribu Lebih Pakan Ikan

MWawasan,Sarolangun - (JAMBI)Tahun 2020 ini Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Sarolangun akan menyalurkan bantuan bibit ikan kepada kelompok budidaya ikan (Pokdakan) di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun.

Kadis perikanan dan Peternakan, Masturo mengatakan bahwa bibit ikan yang akan disalurkan tersebut berjumlah sebanyak 44.000 bibit ikan, terdiri dari  bibit ikan nila sebanyak 14. 000 ekor, bibit ikan gurami sebanyak 5.000 ekor, bibit ikan pathin sebanyak 5.000 ekor dan bibit ikan lele sebanyak  20.000 ekor, dengan pakan sebanyak 12.000 lebih kg (12 ton lebih).

"Untuk mendapatkan bantuan ini harus membuat kelompok, dan kelompok itu harus ada akta notaris dan itu sudah terverifikasi. Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan kedepan harus kelompok yang sudah memiliki akta notaris, misalnya membentuk pokdakan, jadi mereka memang sudah serius untuk berbudidaya ikan," katanya belum lama ini.

Sementara bantuan bibit ikan ini, katanya akan diserahkan pada Pokdakan yakni satu kelompok Kecamatan Pelawan, Dua kelompok di Kecamatan mandiangin, satu kelompok di Kecamatan Batang Asai, Dua kelompok di Kecamatan Singkut, Satu kelompok di Kecamatan Bathin VIII dan Satu kelompok lagi di Kecamatan Sarolangun.

"Kalau untuk cetak kolam kita tidak ada bantuan, hanya untuk bibit dan pakan yang akan kita serahkan," katanya.

Ketika di tanya, soal program di sektor peternakan, katanya. Sesuai dengan arahan mentri pertanian Republik Indonesia, bahwa pihaknya akan membina masyarakat agar lebih bertanggung jawab.

Yakni dengan mengurangi bantuan, namun peternakan akan diarahkan untuk memanfaatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disiapkan oleh departemen pertanian RI sebesar Rp 57 Miliar.

"kita akan membina masyarakat lebih bertanggung jawab, bantuan dikurangi, peternak diarahkan untuk dimanfaatkan dana KUR yang disiapkan oleh departemen pertanian RI, kalau tidak salah itu 57 Miliar, dan itu akan dipermudah dan bunganya akan dikurangkan," katanya.

#iksan

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang diSemoga Anda Puas