Breaking News

Rakor Camat, Lurah dan Kades Se-Kabupaten Sarolangun Semester II Tahun 2019 Berlangsung Sukses

MWawasan,Sarolangun -(JAMBI) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Para camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sarolangun, Kamis (28/11) kemarin di ruang pola kantor Bupati Sarolangun, yang berlangsung dengan sukses.

Kegiatan Rakor tersebut dibuka oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser, Kajari Sarolangun Munif, SH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHB Mentomeri, Kasat Binmas Polres Sarolangun AKP Pujiarso, Tp PKK Kabupaten Sarolangun, Kepala Dinas PMD Mulyadi, S. Sos, serta para Kepala OPD, Kabid Kekayaan Desa Kaprawi BM, serta jajarannya, para Camat, Lurah dan Kades se-Kabupaten Sarolangun serta nara sumber dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas PMD Mulyadi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Rakor ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten sarolangun kepada para kepala desa dan Lurah se Kabupaten Sarolanyun, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 06 tahun 2014 tentang desa.

"Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh kepala desa dengan bupati, Jajaran opd dan Forkompinda, dan kita harapkan rakor ini dapat mencarikan solusi kendala yang dihadapi oleh Kepala Desa dalam menjalankan roda pemerintah desa," katanya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra dalam arahannya mengatakan agar seluruh kepala desa dan Lurah untuk dapat melakukan inovasi baru dalam menjalankan program pemerintahan desa dalam rangka meningkatkan ekonomi desa untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tolong inovasi-inovasi dilakukan, bagaimana meningkatkan kualitas pembangunan agar apapun program yang dijatuhkan kepada desa dapat dilaksanakan. Inovasi kepala desa ini menjadi ujung tombak, kita harus bekerja luar biasa mencari peluang baru dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat desa, apalagi kita sudah sering study banding sudah dilakukan, kunjungan kerja, pelatihan-pelatihan sudah dilakukan," katanya.

Kata Bupati, peningkatan ekonomi masyarakat ini dapat dilakukan dengan mengembangkan potensi yang ada di desa untuk menjadi program unggulan desa, diantaranya bidang pariwisata, kuliner, usaha kreatif bagi masyarakat sesuai potensi desa yang ada.

Maka, ia menekankan kedepan agar pengelolaan dana P2DK, Dana desa serta alokasi dana desa dikelola dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

" Saya berterima kasih beberapa kepala desa di Kecamatan Batang Asai telah mengembangkan kopi, ke depan bagaimana meningkatkan kualitas kopi batang asai agar betul menjadi program unggulan. Kedepan tahun 2020 saya tekankan untuk lebih mengantisipasi adanya temuan, agar pembangunan ini dapat berjalan lancar. Lakukan agar lebih bermanfaat untuk masyarakat di desa kita, kelola Bumdes dengan baik untuk pengembangan ekonomi desa," katanya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi dari nara sumber, serta ramah ramah.

#iksan

No comments