Breaking News

Musim Penghujan, Puskesmas Diminta Galakkan Hidup Sehat dan Bersih

 P- Pelayanan 24 Jam

MWawasan,Sarolangun -(JAMBI) Memasuki musim penghujan saat ini di Kabupaten Sarolangun seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Sarolangun untuk menggalakkan sosialisasi perilaku hidup sehat dan bersih di tengah masyarakat.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi timbulnya berbagai penyakit di saat musim penghujan, yang bisa berdampak bagi masyarakat, salah satunya penyakit Demam berdarah (DBD).

"Kita himbau kepada puskesmas menghadapi musim hujan ini untuk menggalakkan perilaku hidup sehat di masyarakat, agar penyakit yang bisa ditimbulkan pada musim hujan ini tidak berdampak ke masyarakat, seperti dbd. Yang kita tekanan sedini mungkin," kata Kadis Kesehatan Bambang Hermanto, Jumat (22/11) kemarin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Ia juga meminta kepada seluruh puskesmas agar menyampaikan laporan ke pihaknya setiap hari mengenai jumlah kunjungan pasien yang berobat ke puskesmas.

Sebab, hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, yang dilakukan selama 24 jam.

"Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kita sudah mengumpulkan kepala puskesmas agar siap selalu untuk melayani masyarakat 24 jam. Jadi untuk perawatan memang harus siap untuk masyarakat kapanpun masyarakat butuhkan. Saya minta laporan setiap hari dari puskesmas berapa kunjungan pasien setiap hari, berapa yang di rawat inap, berapa yang di rujuk dan rawat jalan, setiap hari laporan masuk ke kita, "katanya.

Ia menyebutkan dengan pelayanan selama 24 jam tersebut diharapkan tidak ada keluhan yang terdengar dari masyarakat, ketika mendatangi puskesmas tenaga kesehatan tidak ada ditempat. Jadi, Puskesmas menerapkan pola ship bagi tenaga kesehatan sehingga pelayanan 24 jam bisa berjalan dengan baik.

"Kalau ada laporan masyarakat ada pelayanan tidak baik, kita akan lakukan pembinaan dan pemanggilan puskesmas ataupun staf yang tidak menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan dengan baik, jika memang patal kita akan ambil sikap tegas berupa akan kita pindahkan atau mutasikan," katanya.


#iksan

No comments