Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, November 14, 2019

Bantuan Dana P2DK Jadi Andalan Modal BUMDes

MWawasan, Sarolangun-(JAMBI) Program Percepatan pembangunan desa kelurahan (P2DK) Kabupaten Sarolangun menjadi andalan modal Badan usaha milik desa (BUMDes) Jaya Bersama Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan memfokuskan diri pada usaha Pennggemukan sapi.

Usaha yang dinilai potensial di Kabupaten Sarolangun ini terealisasi dengan bantuan dana Program P2DK Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, ditambah bantuan Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat.

Dari keterangan Agon Putra,  Ketua BUMDes Jaya Bersama Desa Pelawan Jaya, sapi yang dipelihara berjumlah 18 ekor, 12 ekor bantuan program P2DK dan 6 ekor dari DD tahun 2019, atau dengan kata lain bantuan program P2DK menjadi andalan BUMDes.

"Dari jumlah sapi yang kita pelihara, lebih dominan sapi bantuan program P2DK yakni 12 ekor,  sedangkan dari DD sebanyak 6 ekor sapi, "  terang Agon, Selasa (12/11) kepada media ini.

Ditanya perihal kendala usaha, Agon menyebut tidak ada kendala, " Kendala boleh dikatakan tidak ada, Insyaa Allah Raya haji tahun ini kita sudah bisa jual dengan mutu sapi yang baik," jelas Agon.

Melihat perkembangan usaha penggemukan sapi ini, Pihak BUMDes Jaya Bersama mengapresiasi Bupati Sarolangun Cek Endra atas program P2DK yang sangat membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi, sehingga menargetkan untuk menjadi sentra ternak sapi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap sapi.

"Kita menargetkan BUMDes Jaya Bersama dapat menjadi sentra sapi Kabupaten Sarolangun, sehingga bila masyarakat membutuhkan sapi, mereka membelinya ke BUMDes Jaya Bersama," harap Agon .

Tak lupa, Agon mengapresiasi Pihak Desa Pelawan Jaya, khususnya Kades H Arifin yang memberikan kepercayaan, mengalokasikan dana APBDes untuk usaha penggemukan sapi kepada BUMDes yang digelutinya.

"Kami salut dan sangat berterima kasih kepada Pihak desa, khususnya Kades H Arifin yang menggelontorkan dana APBDes ke Bumdes Jaya Bersama," tambah Agon.

Menanggapi hal ini, Kades Pelawan Jaya H Arifin saat ditemui media ini memgatakan kepercayaannya menggelontorkan dana  dalam APBDes untuk dikelola BUMDes  karena yakin usaha yang dimaksud sangat potensial dan dikelola orang yang tepat.

"Kami yakin usaha penggemukan sapi  BUMDes Jaya Bersama, dikelola orang yang tepat dan profesional dan punya progress yang maju, kita berharap kedepannya usaha ini sukses," ucap Kades Arifin.

Kepala Dinas PMD Sarolangun, Mulyadi melalui  Ajra Kepala Bidang  (Kabid) Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) menyebut Desa Pelawan Jaya merupakan salah satu contoh Desa yang berhasil dalam pengeloaan BUMDes, dimana saat ini BUMDesnya aktif dan telah memiliki usaha yang berkembang dengan baik.

Lanjut Kabid Ajra,  Dinas PMD selaku "leading sector" pembinaan BUMDes terus berupaya memfasilitasi desa dalam pengelolaan dan pengembangan BUMDes.

"Kedepannya kami berharap setiap Desa dapat menjalankan unit-unit usaha BUMDesnya, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap PAD Desa setempat dan meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkas Kabid Ajra.


#iksan



No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas