Breaking News

Lestarikan Budaya Minang, Zalmadi Anggota DPRD Kota Padang akan Bangun Kampung Adat

MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Walaupun masih hitungan bulan menjadi anggota DPRD Kota Padang namun kiprah Zalmadi untuk berbuat bagi masyarakat Kota Padang terutama untuk daerah pemilihan Kuranji dan Pauh tersebut tidak diragukan.

Hal ini terlihat ketika Zalmadi melaksanakan acara syukuran dan menaiki rumah gadang Kaum Jambak yang terletak di Rimbo Tarok Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang, Jum'at (25/10/2019).

Pria yang terkenal pandai bergaul dengan berbagai kalangan ini, selain aktif dengan kegiatan sosial juga memiliki pemikiran dan terobosan untuk melestarikan Budaya Minang. Dihadapan puluhan wartawan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Wartawan (IKW) RI, Zalmadi mengungkapkan rumah gadang kaum Jambak ini nantinya akan dijadikan Kampung Adat.

Untuk itu rumah gadang yang dibangun dari tahun 2013 lalu yang telah menghabiskan dana sekitar Rp. 850 juta masih membutuhkan dana sekitar Rp. 150 juta, ungkap Zalmadi yang juga pembina IKW RI.

Hal itu, disampaikan Zalmadi saat diwawancarai wartawan, yang terhimpun di Wadah IKW RI Sumbar,  yang mendapat undangan istimewa dari Zalmadi.

Tidak itu saja, ungkal Zalmadi, rumah gadang ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sosial, seperti acara anak nagari, seminar- seminar tentang adat dan budaya Minangkabau,  menggelar acara tradisi, pertandingan pencak silat tradional, randai, saluang, gamat bahkan pesta perkawinan, katanya.

"Kedepannya, segala bentuk kegiatan tradisional dan budaya yang ada akan difasilitasi dan dipusatkan di rumah gadang ini", imbuhnya. 

Hal ini, tentunya tak terlepas dari peranan penting ninik mamak dan tokoh masyarakat dalam memberikan dukungan dan semangat, supaya rumah gadang ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh anak nagari, terutama kaum millenial yang penuh kreatif dan inovasi, ujar Zalmadi mengakiri.

#Buya/IKW

No comments