Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Tuesday, February 5, 2019

Tetap Berkarya da Eksis dI Tengah Suana Banjir

MWawasan, Pekalongan (JAWA TENGAH) ~ Setelah banjir yg menimpa kota pekalongan dan sekitarnya beberapa waktu lalu.warga banyak mulai berbenah dan memulai aktifitas kembali.

Seperti hal nya di beberapa wilayah daerah kecamatan wonokerto kab.pekalongan contohnya.

Ada industri sentra batik tulis yg bernama Batik Joglo Genes.sentra batik yg terletak Desa Si Jambe Kec. Wonokerto Kab.Pekalongan ini cukup dikenal di beberapa jajaran batik di kota pekalongan berdiri sejak tahun 2001 sampai sekarang masih eksis.

Mantan Kepala Desa  Andirin selaku pemilik dari batik Joglo Genes sendiri.unik nya lagi dari penyerapan tenaga kerja lebih cenderung memperdayakan dari kalangan ibu ibu sebagian yg suami nya rata2 sedang menggantungkan nasib di laut sebagai nelayan.

Adirin sendiri saat di wawancarai Mwawasan mengatakan dgn adanya sentra batik tulis ini bisa sedikit meringankan perekonomian di wilayahnya yang masyarakatnya cenderung mayoritas nelayan.

"Proses pelatihan tenaga kerja sendiri yg melatih adalah saya sendiri mas'  dari pengenalan canting,gambar sampai jadi proses pewarnaan bahkan sampai finishing." tutur Andirin selaku pemilik.

Dari jumlah pekerja yg 120 orang sekarang menjadi 48 orang karna pekerja batik sendiri cenderung sudah banyak bisa berkembang sendiri dan mandiri.
Batik Joglo genes sendiri sudah di exspore merambah pasar sampai Bandung, Jogja dan Solo.

Batik tulis Joglo Genes lebih punya ciri pada proses pengerjaan nya yg memakan waktu kurang lebih 1 bulan dari proses desain gambar sampai pewarnaan.

Batik tulis yg di hasilkan sendiri seperti berupa baju kemeja dan kain,dan motif sendiri lebih cenderung mengikuti Tren yg sedang ramai di pasaran.

Kota Pekalongan yg lebih di kenal sebagai kota batik ini memang sangat di kenal variasi dengan motif dan corak batik nya karna pekalongan sendiri sudah menyandang predikat mascot Kota Kreatif Dunia.


#red/Agus

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas