Breaking

Thursday, January 3, 2019

Ratusan Warga Desa Gunung Tiga Pertahankan Simbol Desa


MWawasan, Lampung Timur ( LAMPUNG) Ratusan warga Desa Gunung Tiga Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur, menyetop perusahaan penambang batu,  untuk mempertahankan lahan pegununungan Desa agar tidak digusur pihak perusahaan. Warga tidak ingin Simbol Gunung yang berada di Desa Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung, di bongkar.  Aksi warga sempat memanas saat dihadapankan dengan masa dari perusahaan,  Rabu (02/01/2019).

Massa memanas

Informasi yang berkembang, tuntutn masyarakat hanya menginginkan agar pihak perusahaan memenuhi keinginan warga.  Tuntutan warga desa Gunung Tiga sudah disampaikan sejak hampir kurun waktu tiga bulan lama nya, belum ada menuai titik temu bahkan belum ada titik terang.

Ketua Forum Desa Gunung Tiga, H. Syahrul Bahri dilokasi perbatasan menjelaskan bahwa mereka hanya ingin perusahaan tidak merusak potensi alam diwilayah mereka.

“Kami di sini hanya ingin pihak perusahaan untuk tidak menggusur dan menggali potensi alam yang milik desa Gunung Tiga. Kami tidak ada mempermasalahan dengan ijin atau kesepakatan yang sudah ada, tetapi kami ingin cagar budaya dan simbol desa Gunung Tiga agar tidak diratakan dari pihak perusahaan,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, apabila perusahaan masih melanjutkan pengerjaan di gunung, mereka akan menjaga dan mengawasi di lokasi. “Selain kami mempertahankan simbol gunung, disampingnya itu kami meminta untuk di sahkan dan ditandatangani oleh pihak perusahaan agar tidak melanjutkan pengerjaan yang berada di gunung, karena lokasi gunung itu masuk dalam peta desa gunung tiga,” katanya.

Wakil Bupati Lampung Timur dan Kapolres tenangkan warga
Wakil Bupati Lampung Timur H. Zaiful Bukhari menyampaikan dihadapan ratusan masyarakat yang memadati lokasi, berjanji bahwa pihak pemerintah daerah Lampung Timur akan menyelesaikan perseteruan yang terjadi di desa Gunung Tiga secepatnya. “Ini akan kita selesaikan dengan secepat nya dengan mengedepankan secara musyawarah dan menyikapi dengan kepala dingin,” janjinya.

Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantara yang juga datang ke lokasi menyampaikan agar masyarajat menjaga situasi, jangan memanasi keadaan dan bahkan yang mengambil tindakan yang memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Kita sikapi permasalahan ini dengan kepala dingin dan duduk bersama,” tandasnya.

Hingga saat ini, pihak keamanan sudah meninggalkan lokasi perseteruan antara masyarakat gunung tiga dengan pihak perusahaan.


#Suhaimi

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas