Breaking

Monday, January 28, 2019

Laskar Merah Putih Lampung Timur Laporkan Sekda Ke-Kejari

Ormas Laskar Merah Putih cabang lampung timur menyerahkan laporan secara resmi ke Kejari Lampung Timur terkait dugaan dugaan yang sudah diutarakan saat demo (rabu,23/01/2019) dihalaman kantor bupati. Senin 28/01/2019

Kedatangan ketua Laskar merah putih cabang lampung Timur bersama wakil wakil ketua bertujuan untuk melaporkan sekda kab.lamtim Syahrudin Putra atas dugaan dugaan korupsi dan kepemimpinan nya selalu ASN tertinggi di kabupaten lampung Timur diterima oleh kepala kejaksaan negeri lampung timur Syahrir Harahap.

Dalam audensi nya, kepala kejaksaan negeri lampung timur Syahrir Harahap meminta waktu untuk segera mendalami laporan yang dibawa oleh Ormas Laskar merah putih cabang lampung timur.

” Laporan ini secara resmi saya terima, dan saya meminta waktu 30 hari guna mendalami nya, dan setelah itu silahkan rekan rekan datang kembali kemari meninjau hasil kajian dan perkembangan nya.” Kata kepala kejari disaat audensi diruang kerjanya.

Dilain pihak, ketua Laskar merah putih cabang lampung timur, Amir Faisol mengatakan, sesuai dengan yang kita harapkan bersama, laporan ini dapat di tindaklanjuti oleh kejaksaan negeri lampung timur dengan serius karena ini menyangkut ASN tertinggi di kabupaten lampung timur.

” Jika tidak kita kritisi, bagaimana dengan bawahannya, dan mau jadi apa kabupaten lampung timur, jika pemimpin tertinggi ASN nya saja pura pura buta aturan.” Kata Amir Faisol usai menyerahkan laporan resmi kepada kejari lampung timur

Pemberitaan sebelumnya, Lampung Timur, (pnr) Di anggap Tidak dapat menjunjung tinggi kejujuran , keikhlasan , dan akuntabel dalam bekerja, Laskar Merah Putih Cabang Lampung Timur, meminta Bupati Lampung Timur untuk segera mengevaluasi kinerja Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Timur untuk segera diganti. Rabu 23/01/2019

Dalam orasi yang disampaikan oleh orator (Junaidi, Arif Setiawan, Sofyan Sembiring) Sekertaris Daerah Lampung timur merupakan pangkat tertinggi dari seluruh aparatur sipil negara( ASN) di kabupaten lampung timur, jika tidak mampu bekerja dengan menjunjung tinggi kejujuran, keikhlasan dan akuntabel bagaimana bisa menularkan kebaikan bagi kabupaten lampung timur itu sendiri.

Amir Faisol selaku Ketua Laskar Merah Putih Cabang Kabupaten lampung timur dalam materi aksi unjuk rasa nya meminta Syahrudin Putra mampu menjelaskan perihal Penambahan modal setor tahun 2018 berdasarakan surat dari bank lampung nomor 300/SKDN-1/VII/2018 tentang penyertaan modal saham kabupaten lampung timur pada PT. Bank Lampung ke rekening Giro kas daerah pemda kabupaten Lampung timur dengan rincian penyertaan modal sebesar Rp. 4.380.780.000, dengan deviden (bagi hasil) saham pada tahun buku 2017 sebesar 35% yaitu Rp. 1.558.525.555,25.- dan pada tahun 2018 pemerintah daerah kabupaten lampung timur mengajukan rancangan peraturan daerah tentang perubahan atas peraturan daerah kabupaten lampung timur nomor 6 tahun 2014 tentang penambahan penyertaan modal kepada bank lampung dari Rp.4.380.780.000 untuk ditambah menjadi Rp.25.619.220.000, sehingga penyertaan modal pemerintah kepada bank lampung menjadi sebesar Rp.30.000.000.000, – kondisi ini kami nilai tidak sesuai dengan keadaan keuangan daerah pemda kabupaten lampung timur yang selalu di umumkan bahwa mengalami defisit dan ini berdampak pada banyaknya program yang di ajukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidakbisa dilaksanakan dengan alasan Surat Penyedia Dana (SPD) yang tidak kunjung diterbitkan. Dan ini berdampak pada penyusunan anggaran tahun 2019 , beberapa OPD mengeluhkan harus mengurangi pagi anggaran mereka yang sudah di sah kan melalui pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah melalui paripurna dengan badan legislatif lampung timur pada akhir tahun 2018 yang lalu. Muncul nya perintah untuk meng efisiensi anggaran pada awal tahun ini tentu diduga menjadi upaya mengangkangi aturan yang sudah dibuat dan di sah kan oleh DPRD lampung timur karena sifatnya APBD lampung timur merupakan produk hukum atau regulasi yang dihasilkan melalui sidang paripurna antara pemda dengan DPRD lampung timur. 

Selanjutnya, laporan hasil pemeriksaan BPK perwakilan Lampung, diketahui terdapat pembayaran insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah kepada sekda Lampung timur sebesar Rp.76.775.017, – sesuai dengan hasil laporan tersebut, diketahui sekda memperoleh insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah tahun 2017 sebesar Rp 76.775.017,-(setelah dikurangi pajak) yang diterima melalui empat kali pembayaran. Selain itu, sekda juga menerima tambahan penghasilan PNS yang pembayarannya didasarkan pada perbup nomor 4 tahun 2017 tanggal 1 februari 2017 tentang penambahan penghasilan kepada pengelola keuangan daerah kabupaten lampung timur sebesar Rp. 25.000.000/bulan (setelah dikurangi pajak) atau Rp.306.000.000-/tahun (Rp.25.000.000×12 bulan). Pembayaran insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah kepada sekda tersebut tidak tepat karena sekda telah menerima tambahan penghasilan setiap bulan. Atas tumpang tindih pembayaran insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah dan tambahan penghasilan sebesar Rp.76.775.017.-

Masih dalam suasana demo , ketua Laskar merah putih cabang lampung timur, membeberkan pada tahun 2017, pemerintah daerah kabupaten lampung timur membuat rincian laporan pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan -LO, diketahui bahwa pemda lamtim menyatakan adanya pendapatan deviden bank syariah -LO sebesar Rp.740.061.738.96-, sedangkan diketahui bahwa bank syariah lampung timur yang beralamatkan di Way Jepara sudah tidak beroprasi lagi dan kantornya sudah lama tutup, Dengan demikian kami menduga adanya pembohongan publik yang dilakukan pemda lampung timur tahun 2017. Karena pada tahun 2016 pemerintah daerah lampung timur tidak menyertakan laporan penerimaan pendapatan deviden bank syariah-LO.

Terakhir, ketua Laskar merah putih cabang lampung timur mengungkapkan dugaan pemborosan keuangan daerah yang mengarah kepada indikasi korupsi pada kegiatan belanja alat tulis kantor sebesar Rp.25.242.200.000- tahun anggaran 2018 pada satuan kinerja sekretariat daerah pemda lamtim, diketahui bahwa sekertaris daerah sebagai penggunan anggaran sekretariat daerah itu sendiri. ” Tutup Amir faisol.

P:(suhaimi)

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas