Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Friday, January 25, 2019

Diguyur Hujan Berhari- Hari Jalan Raya Sibelis Paninggaran Amblas

Mwawasan, Pekalongan ( JAWA TENGAH) ~ Jalan Raya Paninggaran Kabupaten Pekalongan ambles saat ini, Kondisi ini diakibatkan tingginya curah hujan yang hampir setiap hari mengguyur wilayah tersebut. Akibatnya, lalulintas di jalur utama yang menghubungkan Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan dengan Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara macet dan terhambat.

Pasalnya akses Jalan Raya Paninggaran Kabupaten Pekalongan tersebut amblas hingga 60 centimeter dengan panjang 25 meter dan lebar 7 meter.

Menindaklanjuti dari laporan kerusakan di jalur provinsi itu, Dinas Pekerjaan Umum Jawa Tengah langsung terjun ke lokasi mengunakan alat berat guna mulai melakukan perbaikan amblesnya di jalan raya Paninggaran, Kamis (24/01/2019).

Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo mengatakan, saat ini DPU Provinsi Jawa Tengah dibantu dengan BPBD, TNI, Polisi serta relawan dan masyarakat masih menangani amblesnya jalur tersebut.

Jalan Raya Paninggaran Kabupaten Pekalongan ambles sekitar 60 Centimeter, tepatnya di tanjakan sibelis. Menurut Budi Raharjo selaku Kadin BPBD kab.pekalongan saat di wawancarai oleh media Wawasan amblesnya jalan ini, dikarenakan hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pekalongan beberapa hari yg lalu.

Budi mengungkapkan, perbaikan darurat dikebut pengerjaannya, karena Jalan Raya Paninggaran merupakan jalur akses utama bagi warga Kabupaten Pekalongan menuju Banjarnegara maupun Wonosobo.

“Hari ini DPU Provinsi Jawa Tengah di bantu dengan BPBD, TNI, Polisi serta relawan dan masyarakat masih menangani amblesnya jalur tersebut. Walaupun ini darurat tapi diharapkan akan segera selesai dan bisa dimanfaatkan kembali, sehingga aktivitas jalan kembali normal seperti sedia kala,” ungkap Budi Raharjo.

Sementara itu, Danramil 13/Paninggaran Kapten Cpm Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya mensiagakan anggota di lokasi sampai lalu lintas normal kembali untuk membantu kendaraan yang lewat serta memberi pengamanan. Menurutnya, jalan tersebut awalnya hanya retak, kemudian pada saat Selasa malam, hujan lebat dengan intensitas tinggi membuat jalan tersebut amblas yang awalnya 20 Centimeter kini menjadi 60 sentimeter.

“Jalan yang amblas memiliki lebar sekitar 7 meter dengan panjang 25 meter, Kemudian, untuk kendaraan kecil bisa melintas namun harus dibantu dengan cara didorong dan arus lalu lintas sendiri kini tersendat. Mudah-mudahan dengan adanya penanganan darurat dari DPU ini, akan segera menormalkan kembali arus lalu lintas,” ungkapnya.

Sejumlah Personil Diterjunkan

Disisi lain, puluhan anggota Polres Pekalongan dan beberapa Jajaran TNI juga diterjunkan untuk melakukan pengaturan lalulintas di Jalan Ambles Sibelis, Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran. Selain melakukan pengaturan lalu lintas,beberapa anggota juga ikut membantu proses pengurukan jalan supaya bila dilalui kendaraan.

Dalam pengaturan lalu lintas di lokasi amblesnya jalan tersebut, anggota Polres Pekalongan bersama Koramil dan tim lainya memberlakukan sistem buka tutup. Dengan begitu tidak terjadi penumpukan jumlah kendaraan yg melintas baik dari arah Banjarnegara atau dari Kajen.

Sedangkan sebelum bisa dilalui, para penumpang harus berpindah angkutan dengan berjalan kaki dilokasi jalan yang ambles.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom ketika menyatakan bahwa sekira pukul 12.00 puluhan anggota Polres Pekalongan diterjunkan guna pengamanan dan pengaturan lalu lintas dilokasi jalan amblas di DesaTenogo Kecamatan Paninggaran.

“Ya mas,saat ini sedang dilaksanakan pengerjaan pengurukan oleh bina marga Jawa Tengah. Sementara arus lalu lintas khususnya kendaraan roda 4 atau lebih sudah bisa melewati dengan sistem buka tutup,” terangnya.

Dikatakan, dalam melintasi jalan yang ambles tersebut pengguna jalan juga harus ekstra hati hati, karena selain tikungan cukup tajam. Jalan yang ambles sangat terjal sehingga membahayakan. Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat agar hati hati ketika melalui jalan tersebut.


#red/Agus

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas