Breaking

Sunday, December 16, 2018

Gubernur Sumbar: Apoteker Berperan dalam Kesehatan Masyarakat


MWawasan, Padang~ Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) harus lebih banyak berinteraksi dengan pemerintah agat lebih baik karena juga memiliki fungsi sebagai mitra yang strategis untuk bersaing secara global.

Tenaga farmasi (apoteker) harus memberikan pelayanan baik secara rutin dan konfensional di apotek, puskesmas, rumah sakit, maupun pusat pelayanan kesehatan lainnya.  Mereka ikut bertanggungjawab atas terciptanya derajat kesehatan yang tinggi pada mesyarakat, khususnya dalam hal pencegahan.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada pembukaan Seminar Nasional yang bertema "Pharmaceutical Update" serta Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sumatera Barat 2018 - 2022 diselenggarakan di Grand Inna Padang, Minggu (16/12/2018).

Hadiri dalam kesempatan itu Direktur Pelayanan Kefarmasian Kementrian Kesehatan Indonesia, Dra. R. Dettie Yuliati, Apt, M.Si, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS dan para udangan serta peserta sebanyak 600 orang dari berbagai apoteker se Sumbar, Riau dan Jambi.

Gubernur Irwan Prayitno lebih jauh menyampaikan,  saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 (four point ziro), kita harus siap perubahan ini, berbagai teknologi yang menjadi tanda dimulainya revolusi industri 4.0, termasuk dunia farmasi.

"Berbanggalah menjadi seorang apoteker, karena perannya sangatlah besar untuk kesehatan masyarakat," ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno juga menyatakan yang menjadi permasalahah saat ini, adalah masih banyak puskesmas- puskesmas yang belum memiliki apoteker dipelosok- pelosok nagari, ini akan menjadi PR bagi kita semua yang kebanyakan hanya dikota-kota besar saja.

Kita berharap IAI Sumbar dapat memfasilitasi ini dengan berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat untuk menugaskan apoteker di daerah pedalaman seperti Kepulauan Mentawai.



Pengurus IAI yang baru diangkat harus memberikan pengabdian yang tulus dan mau berkerjasama serta selalu menjaga silahturahmi kepada para anggotanya dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.
#Zardi/Buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas