Breaking

Tuesday, November 13, 2018

Festival Panen Kopi Bener Meriah Siap Digelar


MWawasan, Bener Meriah (Aceh)~ Semarak Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 dengan ragam atraksi wisata terus bergema dalam rangka memperkenalkan Dataran Tinggi Gayo sebagai destinasi wisata unggulan Aceh lainnya, salah satunya pagelaran Festival Panen Kopi Bener Meriah 2018.

Mengusung tema "Melestarikan Budaya, Mensejahterakan Masyarakat", Festival Panen Kopi 2018 ini akan digelar secara perdana tanggal 19 s.d 21 Nopember 2018 di Kampung Rembele dan Seladang Café Kabupaten Bener Meriah.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amiruddin mengungkapkan kegembiraannya karena Festival Panen Kopi Bener Meriah akhirnya dapat dilaksanakan secara tepat waktu.

"Kita merasa bangga karena Festival Panen Kopi akhirnya dapat dilaksanakan secara perdana di Kabupaten Bener Meriah dengan melibatkan masyarakat, komunitas kopi dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik" ungkap Amiruddin.

Dalam rangka memberikan hiburan dan edukasi menarik bagi pengunjung, ragam kegiatan berbasis kopi akan digelar selama Festival Panen Kopi perdana di Kabupaten Bener Meriah.

"Penyelenggaraan Festival Panen Kopi ini digelar bersamaan dengan tibanya masa panen kopi raya di Bener Meriah, sehingga akan menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung untuk melihat langsung kegiatan panen kopi oleh masyarakat setempat dengan ragam kegiatan unik lainnya, seperti Kopi dan Fashion Show di kebun kopi, Kopi, Perempuan dan Entrepreneur, Kopi dan Fotografi, Kopi dan Masa Lalu, Lomba menyortir kopi dan Bazar, " tutup Amiruddin.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menambahkan, Festival Panen Kopi 2018 diharapkan akan menjadi event menarik bagi pengunjung untuk datang dan belajar tentang bagaimana pengolahan Kopi Gayo yang dibuat dan diproses oleh para petani Gayo secara tradisional.

"Festival ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Gayo dalam mengolah kopi hingga menjadi salah satu kopi terbaik di dunia dengan cita rasa tinggi. Kegiatan ini diharapkan juga dapat menjadi salah satu sumber pemasukan bagi masyarakat di sekitar lokasi kegiatan, khususnya masyarakat Bener Meriah dengan memperkenalkan ragam produk kopinya" sebut Rahmadhani di Banda Aceh.

Rahmadhani lebih lanjut menyebutkan bahwa kegiatan ini akan sangat menarik bagi wisatawan karena mereka dapat merasakan pengalaman langsung, tidak hanya dalam memetik kopi, tetapi juga akan melihat proses pengolahan biji kopi dan juga akan menikmati Kopi Gayo di kebun Kopi sambil menikmati keindahan dan kesejukan udara Bene Meriah serta menikmati ragam suguhan tarian dataran tinggi Gayo.

Plt. Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi mengungkapkan rasa gembira untuk penyelenggaraan Festival Panen Kopi di daerahnya dan optimis untuk menjadikan festival budaya ini sebagai event tahunan.

"Festival Panen Kopi ini diharapkan menjadi menu wisata baru di Kabupaten Bener Meriah yang dapat menghadirkan wisatawan, sekaligus menjadi alternatif pemasukan baru bagi masyarakat Gayo, khususnya Bener Meriah. Ini saatnya pengunjung dapat menyaksikan kegiatan panen kopi berbalut budaya Gayo, sekaligus menikmati keindahan Gunung Burni Telong, " ungkap Sarkawi yang juga dikenal sebagai salah seorang ulama di daerah setempat.

Semoga penyelenggaraan Festival Panen Kopi di Bener Meriah akan berjalan sukses dan dikunjungi banyak wisatawan, sekaligus melengkapi kesuksesan Gayo Alas Mountain International Festival 2018.


#rel/buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas