Breaking

Friday, September 14, 2018

Wawako Reineir Buka Secara Resmi Kontes dan Pameran Ternak Kota Solok


MWawasan, Solok~ Pemerintahan melalui Wakil Walikota Solok Reinier membuka resmi Kontes dan Pameran Ternak Kota Solok 2018 di lapangan Pacu Kuda Kota Solok, Rabu (12/9.

Bahwa Kegiatan ini digelar pertama juga direncanakan bakal diadakan setiap tahun dengan tujuan meningkatkan potensi ternak khususnya sapi.

Wakil Walikota  dalam paparannnya pemerintah berupaya meningkatkan pembiayaan di subsektor peternakan khususnya sapi, diantaranya dengan memperbesar alokasi anggaran untuk peternakan sapi,  semenjak 2017 alokasi APBN difokuskan kepada UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).

“Supaya Program ini dijalankan pemerintah, produktivitas sapi lokal bisa meningkat. Karena, bisnis ternak sapi itu menguntungkan,” urainya Reinier.

Reinier mengatakan, esensi UPSUS SIWAB merubah pola pikir para petani ternak di Solok. Cara beternak selama ini masih dinilai sambilan, menuju kearah profit dan bersifat menguntungkan bagi dirinya.

Adapun kebijakan pengembangan sapi untuk meningkatkan populasi, sehingga share produksi daging meningkat dan meningkatnya kemampuan ekpors serta bertambahnya usaha sapi berskala usaha komersil,” papar  Reinier.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sumbar Erinaldi menekankan para petani dan peternak untuk mengelola manajemen segala potensi yang belum terlihat  berdamapak pada yang tidak mengerti dengan perternak, ungkap Kadis.

kemudian makanan sapi sendiri, kata Erinaldi, bisa diambil dari jerami dan tidak sulit untuk didapatkan. Selain itu jerami juga bisa dimanfaatkan untuk di frementasikan.

“Semua yang  kita dapat, mari di jadikan peluang usaha, agar nantinya akan meningkatkan ekonomi para petani dan peternak yang ada,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa yang juga Ketua Pelaksana menambahkan, kontes dan pameran Ternak pertama yang digelar di Kota Solok diprediksi akan diikuti oleh 10 peserta saja, namun antusias peternak Kota Solok cukup tinggi, terbukti dengan meningkatnya 2 kali lipat peserta yang mengikuti kontes dan pameran ternak tersebut. Tutupnya Ikhvan.


#Bayu

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas