Breaking

Tuesday, August 28, 2018

DPD SPRI Sumut Resmi Dilantik, Surat Edaran Dewan Tak Berlaku di Sumatera Utara


MWawasan, Medan~ Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) periode 2018-2023 resmi dilantik dan dikukuhkan bertempat Grand Inna Hotel Medan pada Jum'at (24/8/2018).

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPP SPRI Heintje Mandagie didampingi Sekretaris DPP Edy Anwar Aspar. Acara dihadiri oleh unsur Muspida Sumatera Utara, Pimpinan Media serta puluhan undangan lainnya.

Mewakili Pj. Gubernur adalah Kadis Kominfo Sumut Muhammad Fitriyus dan Kapolda Sumut diwakili kaur Humas Polda Sumut Kompol Rudi Silaen.
Menurut Heintje dalam sambutannya bahwa sesuai UU Pokok Pers No. 40/1999 sebagai organisasi pers SPRI atau yang lainnya berperan strategis menentukan arah kemerdekaan pers.

"Pers yang merdeka adalah pers yang independen. Menuju kemerdekaan pers tersebut, seluruh yang terlibat khususnya wartawan harus sepenuhnya independen. Termasuk dalam hal ekonomi," ungkapnya.

Lanjut Heintje menegaskan Dewan Pers harus memberi perhatian kepada independensi wartawan dalam hal ekonomi. Bersama-sama organisasi pers yang berbadan hukum seperti SPRI.

Jadi tidak hanya bersama segelintir orfanisasi yang selama ini dianggap sebagai konstituen, terangnya.

"UU Pokok Pers di salah satu pasalnya menyebutkan demikian, Dewan Pers harus memberdayakan organisasi pers melahirkan kebijakan tentang pers termasuk soal kesejahteraan," tukasnya.

Yang paling penting lagi, tegas Heintje juga bahwa dengan kedatangan Gubernur Sumatera Utara dan Kapolda Sumut dalam acara pelantikan ini menunjukkan bahwa surat edaran pers  yang menuding organisasi wartawan yang tidak menjadi konstien dewan pers menjadi tidak berlaku alias gugur di Sumatera Utara.

Sementara, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Kominfo Fitriyus berharap keberadaan SPRI di Sumut dapat berada di posisi terdepan dalam membangun Sumatera Utara. 

Bukan hanya biasa saja, juga dalam pemberitaan kiranya berguna untuk kepentingan yang membangun bagi masyarakat banyak, bukan kepentingan pribadi.

DPD SPRI Sumut yang dilantik dipimpin oleh  Fernando Sitohang (www.patrolinews.com) sebagai Ketua dan Devis Karmoy (iNews TV) sebagai Sekretaris serta Monang Sitohang sebagai Bendahara serta didukung oleh beberapa Ketua Bidang juga puluhan pengurus lainnya.

Usai dilantik, ketua  DPD SPRI Sumut Fernando Sitohang mengatakan keberadaan Sumut saat ini sesuai dengan tema yang kami ambil yakni "Menuju Jurnalis Profesional dan Sejahtera".

"Oleh karena itu, harapan kami dengan keberadaan DPD SPRI Sumut saat ini diharapkan rekan-rekan wartawan semua khususnya pengurus DPD SPRI Sumut dapat bekerjasama untuk menjalankan program-program kerja kedepannya," ungkap Fernando.

"Kami memohon doa dan  dukungan serta kerjasama Bapak/Ibu sekalian untuk eksistensi DPD SPRI Sumut," tutupnya.


#***/rel/Buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas