Breaking

Friday, November 10, 2017

Sitiung Kabupaten Dharmasraya Menuju Kawasan Agro Wisata


MWawasan, Dharmasraya~  Wali Nagari Sitiung Julisman Piliang bersama pemikir-pemikir muda  yang ada di Nagari Sitiung ingin mewujudkan potensi yang ada di Nagari Sitiung berupa agro wisata.

Kondisi masyarakat Sitiung khususnya dan masyarakat Kabupaten Dharmasraya pada umumnya sangat kesulitan untuk melepas lelah sesudah seminggu penuh dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari.

"Banyak masyarakat kita berpergian ke luar kota untuk menenangkan pikiran dan berkumpul bersama keluarga, ungkap Julisman.

Bahkan Wali Nagari Sitiung bersama pemikir muda berkeinginan untuk meningkatkan PAD  dan memajukan daerahnya sendiri.

Hal ini terungkap, Kamis (09/11) ketika Nagari Sitiung kedatangan Effri Damirson dari Tenaga Ahli Imprastruktur Desa (TA IF) P3MD Propinsi Sumbar perwakilan Kabupaten  Dharmasraya yang didampingi Sulastri dari Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) serta Tri wahyu Oscar Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) Kecamatan Sitiung. Team ini bersama Wali Nagari Sitiung bpk dan sekretaris nagariAmin Yarham meninjau langsung tempat rencana pembuatan embung di Rawang Tunjau di Nagari Sitiung.

Pada kesempatan tersebut Wali Nagari Sitiung selalu menyampaikan syarat terbentuknya suatu nagari "bataratak bakorong, bakampuang balabuah batapian, basurau bamusajik ba balai-balai adat", barulah suatu daerah itu bisa dikatakan suatu nagari. Jadi di kawasan Rawa Tunjau ini akan di bangun  balai-balai adat dan gedung sanggar seni sehingga bisa memupuk dan melestarikan budaya yang ada sesuai dengan visi dan misi daerah Kabupaten Dharmasraya,  " Menuju Dharmasraya Mandiri dan Berbudaya", Ungkap Julisman lagi.

Sementara di Nagari Sitiung  Visi dan misi Kabupaten tersebut juga disingkronkan dengan visi misi Nagari Sitiung priode 2016-2022. "Mewujudkan Masyarakat Produktif, Tentram, Berbudaya dalam Lingkungan yang Asri". Maka dengan itu rencana pembagunan Kawasan Rawa Tunjau Nagari Sitiung ini berharap mendapat dukungan pemerintah Kabupaten  Dharmasraya, ucap Wali Nagari.

Sementara Effri Damirson TA ID P3MD Kabupaten Dharmasraya mengungkapkan rasa takjubnya dengan kawasan yang ada di daerah ini, tidak sesuai dengan yang saya pikirkan, ternyata kawasan ini sangat luas  terbentang dan juga didukung dengan produk ungulan yaitu sawah dan jagung serta dialiri irigasi pengairan, ungkapnya.

"Saya berharap dukungan dari pemerintah daerah ikut andil dalam mewujudkan hal ini karena pemerintah pusat sangat mengaung-gaunkan hal ini, jelas Effri Damirson.
#Nasri Yussalam

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas