Breaking

Thursday, November 16, 2017

Dihadiri Wagub Nasrul Abit, Menpora Buka JPI


MWawasan, Sawahlunto~ Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit hadiri acara pembukaan Jambore Pemuda Indonesia  (JPI) yang digelar di Camping Ground Kandi, Kota Sawahlunto, Kamis (16/11) siang.

Acara JPI yang tahun ini mengangkat tema "Pemuda Indonesia Berani Bersatu" dan diikuti oleh 1000 pemuda dari seluruh daerah di Indonesia ini sendiri dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nachrawi.

Dalam sambutannya Imam Nachrawi mengungkapkan, ditetapkannya Kota Sawahlunto sebagai tuan rumah JPI 2017 dilatarbelakangi oleh pertimbangan bahwa Sawahlunto adalah tanah kelahiran salah satu tokoh besar nasional yang memiliki andil besar dalam sejarah penyatuan pemuda Indonesia melalui Sumpah Pemuda, M. Yamin.

Menpora berharap, dengan dilangsungkannya acara di tanah kelahiran dan kampung halaman M. Yamin, akan lahir M. Yamin baru dari antara pemuda-pemudi yang menjadi peserta JPI.

"Pemuda-pemudi yang tidak pernah lelah dan pantang menyerah merangkai persatuan bangsa ini," harapnya.

Dalam rangka mengenang jasa-jasa M. Yamin itu pula Menpora kemudian mengundang satu pemuda/i mewakili tiap provinsi untuk ikut bersamanya berziarah ke makam M. Yamin di Kec. Talawi setelah seluruh prosesi pembukaan JPI usai.

Lebih lanjut Menpora berpesan kepada seluruh peserta JPI untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan di tengah ragam perbedaan dan latar budaya yang masing-masing miliki. Ia minta agar perbedaan tersebut dapat menjadi pengaya persatuan alih-alih pembeda yang memisahkan.

"Acara ini akan dilangsungkan beberapa hari. Selama mengikuti rangkaian acara JPI nanti, rajutlah persahabatan, rajutlah kebersamaan," pesannya.

Sementara itu, Wagub Nasrul Abit dalam sambutan singkatnya di kesempatan yang sama mengungkapkan harapannya semoga JPI menjadi ajang yang mampu menyatukan pemuda se-Nusantara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sehingga terbangun nilai kebersamaan di tengah perbedaan dan disintegrasi bangsa ke depan jadi tidak ada," harapnya.

JPI tahun 2017 akan berlangsung selama satu minggu penuh terhitung sejak 15 November 2017 hingga 21 November 2017 mendatang.


#Jr/Buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas