Breaking

Monday, October 30, 2017

Diperingati Serentak, Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 89 dan HANI di Padang Panjang Penuh Makna




MWawasan, Padang Panjang - Untuk mengingat sejarah perjalanan Bangsa Indonesia sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya narkoba yang makin lama makin mengkhawatirkan terutama bagi generasi muda, maka secara rutin peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober (HUT ke 89) dan Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh pada 26 Juni diperingati setiap Tahunnya.

Di Kota Padang Panjang , Hari Sumpah Pemuda dan Hari Anti Narkoba Internasional dilaksanakan secara serentak senin (30/10) dengan melibatkan seluruh Stake Holder dalam sebuah upacara yang berlangsung khidamat . Hadir mengikuti upacara tersebut, seluruh pelajar tingkat SLTP SLTA,para ASN serta unsur TNI/ POLRI . Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Padang Panjang Hendri Arnis. 

Tampak Hadir, Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri, Kapolres Padang Panjang AKBP Cepi Noval, SIK, Dandim 0307/ Tanah Datar Letkol. Inf. Nandang Dimyati, Kemenag Kota Padang Panjang Gusman piliang, Kepala Pengadilan Negri, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Kejaksaan Negeri,Plt Sekda Indra Gusnady, Para Kepala Dinas, Staf Ahli para Asisten dan pejabat serta undangan lainnya.
Walikota Padang Panjang Hendri Arnis saat membacakan amanat dari menteri Pemiuda dan Olah Raga Imam Nahrowi menyampaikan, agar para pemuda di zaman sekarang dapat meneladani para pemuda di zaman perjuangan yang mempunyai prinsip berani bersatu. 

“Sudah seharusnya kita meneladani langah langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” katanya.

Menurutnya jika dibandingkan dengan era sekarang kita memiliki sejumlah kemudahan dengan berkembangnya teknologi komunikasi, namun kenapa sering terjadi perselisihan yang mudah saja memvonis seseorang, mudah sekali berpecah belah, saling mengutuk satu dengan yang lainnya.

“Sebetulnya tidak ada ruang untuk salah paham ,apalagi membenci karena semua hal dapat kita konfirmasi dan kita klarifikasi dalam hitugan detik ,” sambungnya.

Terkait dengan Hari Anti Narkoba, Walikota Hendri Arnis menyampaikan, diperkirakan sebanyak 40- 50 orang meninggal setiap harinya,sementara kerugian ekonomi mencapai 72 triliun rupiah setiap tahunnya. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan dan membawa kerugian yang luar biasa terhadap Bangsa Indonesia termasuk di Kota Padang Panjang.

“Tentunya kita tidak ingin generasi penerus, anak sekolah, remaja dan pemuda menjadi korban narkoba, Peringatan Hari Anti Narkoba Tahun 2017 harus menjadi momentum untuk memerangi narkoba secara bersama sama, Kita harus peduli pada lingkungan tetangga ataupun warga baru, jika kita melihat hal hal yang mencurigakan ,” katanya.

Diakhir acara pemerintah secara bersama sama melaksanakan pemusnahan Narkotika Golongan 1 jenis ganja sebanyak 15 paket yang berhasil disita oleh Kelpolisan setempat. Para Pelajar diberi kesempatan untuk melihat jenis narkoba tesebut agar mengetahui dan berhati hati dikemudian hari. 

Kemudian, turut dilaksanakan sejumlah penandatanganan MoU antara pemerintah dan Polri tentang pemberian pelatihan terhadap siswa tingkat SLTA, serta MoU pemerintah dengan BPJS tentang pemberian Jaminan Kesehatan Bagi Seluruh Masyarakat Padang Panjang.

Upacara Hari Sumpah Pemuda dan Hari Anti Narkoba Internasional di Lapangan Anas Karim tersebut berlangsung penuh makna. (*)



No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas