Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Tuesday, August 22, 2017

RI - Timor Leste Berbagi Pengalaman Penanggulangan Bencana Kebakaran


MWawasan.JAKARTA~ Direktorat Kerja Sama Teknik Kemlu RI menyelenggarakan pelatihan "International Training on Firefightings for Timor Leste" bekerja sama dengan Pemprov. DKI Jakarta dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Ciracas, Jakarta (21/8). Kegiatan ini diikuti oleh 16 (enam belas) peserta dari Timor Leste dan 4 (empat) peserta dari Indonesia. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 21-30 Agustus 2017 ini dibuka dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh 360 orang peserta sejumlah diklat antara lain Diklat Perwira I, Perwira II, Inspektur III, Operator II, dan Petugas Penyuluh Lapangan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr. H. Subejo, S.H, M.Si, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta pada hari Rabu (21/08) di Pusdiklat Gulkarmat Ciracas, Jakarta Timur. Acara pembukaan dihadiri oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Direktur Kerja Sama Teknik, Kemlu serta perwakilan dari Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Pemprov. DKI Jakarta.

Direktur Kerja Sama Teknik Kemlu RI, Mohammad Syarif Alatas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia selama ini aktif memberikan bantuan teknik peningkatan kapasitas di berbagai bidang bagi negara-negara sahabat termasuk Timor Leste dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan. Pelatihan internasional mengenai Pemadam Kebakaran bagi Timor Leste ini merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas dibawah kerangka Kerja Sama Selatan Selatan.


Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan berbagai pelatihan yang diberikan Indonesia kepada Timor Leste baik dalam jumlah pelatihan, variasi sektor maupun jumlah peserta pelatihan. Tercatat bahwa sejak tahun 2006, terdapat 164 pelatihan dan total jumlah peserta dari Timor Leste sebanyak 1.503 orang, baik pelatihan yang diselenggarakan di Indonesia maupun dengan mendatangkan ahli dari Indonesia ke Timor Leste.

Pada pidato pembukaannya, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan kali ini merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia dan Timor Leste untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman tentang prosedur penyelamatan dan penanggulangan bencana kebakaran. Seluruh peserta diharapkan dapat bekerja secara team work sehingga tercipta sumber daya manusia yang profesional.

Program ini merupakan yang pertama di bidang penanggulangan bencana kebakaran bagi Timor Leste. Selama 10 hari pelatihan, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang prosedur dan teknis penyelamatan pemadam kebakaran, penyelamatan jiwa/evakuasi bencana kebakaran di Indonesia sekaligus meningkatkan jejaring di antara sesama petugas pemadam kebakaran kedua negara. 
#Gan/ Direktorat Kerja Sama Teknik

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas