Breaking

Tuesday, April 25, 2017

Mendagri Ingatkan 'Pemda Diminta Lebih Fokus Benahi Birokrasi'

MWawasan.SIDOARJO~ Pemerintah daerah (Pemda) diminta lebih fokus dalam menentukan arah pembangunannya. Tak perlu merasa malu untuk menjadikan kabupaten/kota yang sukses menerapkan sistem ‘electronik government’ sebagai acuan meningkatkan kinerja.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan agar pemda terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mampu mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah (Otda).

“Saya ingin (daerah) fokus. Jangan malu meniru seperti Surabaya, Sidoarjo dan Banyuwangi, untuk gunakan e-planning. Ini kan mempercepat pemerintah melayani masyarakat. Itu arahan Bapak Presiden Jokowi,” kata Mendagri Tjahjo dalam acara HUT Otda di Sidoarjo, Selasa (25/4).

Permasalahan yang dihadapi daerah, kata dia adalah soal pemerataan, keadilan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas. Setidaknya, berdasarkan data Kementerian PANRB, masih ada 178 pemda (provinsi dan kabupaten/kota) yang arah pembangunannya dinilai belum fokus.

“Itu kata Kuncinya. Maka peringatan HUT Otda ini, bagaimana daerah lebih memacu skala prioritas, mengurangi ketimpangan, kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran,” tambah dia.

Tjahjo mengungkapkan, hambatan utama mengapa daerah masih belum optimal adalah karena faktor sumber daya manusianya. Kedua, menurut dia adalah belum maksimal membangun keterbukaan seperti memanfaatkan sistem ‘electronic government’.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Sumarsono menyatakan, dalam pelaksanaan otda pemda harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, daya saing perekonomian daerah.

“Inilah tujuan utama otonomi daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah pada setiap pemda di Indonesia,” kata mantan Plt Gubernur DKI Jakarta ini.

Tema Hari Otonomi Daerah ke-XXI Tahun 2017 adalah “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government”.  Perayaan acara tersebut berlangsung di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

“Terpilihnya Sidoarjo sebagai tuan rumah perayaan HUT Otda ini karena memang kabupaten ini masuk sebagai katagori pemerintahan berkinerja baik,” kata Sumarsono dalam sambutanya.




#Gan/Puspen Kemendagri

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas