Breaking

Friday, February 17, 2017

Jawaban Istana 'Tudingan' SBY Soal Motif Politik Grasi Antasari

MWawasan.JAKARTA ~ Kalangan Istana tidak terima tudingan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai pemberian grasi mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar memiliki motif politik. Tudingan tersebut dinilai tidak berdasar.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pemberian grasi kepada Antasari Azhar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sesuai kontitusi dan prosedur yang berlaku. Dia mencontohkan grasi diberikan sudah melalui berdasarkan pertimbangan Mahkamah Agung (MA).

"Jadi prosedur itu dilalui betul oleh presiden," ujar Pratikno saat jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Menurutnya pemberian grasi Antasari Azhar sudah sesuai Undang-Undang Dasar (UUD) yang tercantum dalam Pasal 14. Dia menambahkan, dalam pemberian grasi Presiden selain harus melalui pertimbangan MA, juga pertimbangan dari Jaksa Agung, Menko Polhukam serta Menkumham.

Maka itu, dia berharap soal pemberian grasi kepada Antasari Azhar tidak dikaitkan dengan persoalan politik. "Jadi jangan dihubungkan bahwa ini ada agenda apa. Kita sudah merujuk pada proses yang berlaku dan sebagaimana dinyatakan dalam undang-undang dasar," ucapnya.

SBY mengungkapkan grasi politik dari Presiden Jokowi kepada Antasari Azhar memiliki motif politik untuk menyerang dirinya. Harapannya, kata SBY untuk mendiskreditkan dirinya dan menjegal Agus Yudhoyono dalam Pilgub DKI Jakarta.(*)


#Gan


No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas