Breaking

Sunday, December 4, 2016

Kejiwaan Ibu Yang Bunuh Anak Akan Dicek Polisi


MWawasan.Grobogan(JAWATENGAH)- Polisi masih memeriksa, Umi Nur Hidayah,seorang ibu di Grobogan, Jawa Tengah, yang diduga membunuh anak keduanya yang berusia 5 tahun. Polisi juga akan mengecek kejiwaan Umi karena diketahui pernah pula berusaha membunuh anak pertamanya.

"Menurut keterangan adik kandung (Umi) dan keluarga, memang pernah mengalami gangguan jiwa. Setahun tidak kambuh kemudian sekitar sebulan lalu kambuh," kata Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Eko Adi Pramono saat dihubungi detikcom, Minggu (4/12/2016).

Sampai saat ini, Umi masih diperiksa di unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Grobogan. Suami Umi, Sukimin, sebenarnya sudah berhati-hati dan mengawasi anaknya termasuk mengajaknya bekerja mencari rumput. Namun pagi tadi ia lengah sehingga peristiwa tragis Umi membunuh anak kedua mereka bernama M Aska terjadi.

"Pihak suami sebetulnya sudah protect, anak-anaknya selalu dalam pengawasan. Namun yang namanya musibah tidak bisa dihindari," ujarnya.

Masih dari keterangan sejumlah saksi, Umi pernah berusaha membunuh anak pertamanya bernama Faiz (8) dengan cara mencekik. Beruntung saat itu kerabat mengetahui dan berhasil menghentikannya.

"Sebelumnya pernah terindikasi melakukan percobaan pembunuhan kepada anak pertamanya dengan cara mencekik tapi ketahuan keluarganya," tandas Eko.

Meski terindikasi pernah mengalami sakit jiwa, pemeriksaan tetap dilakukan karena yang bersangkutan bisa menjawab pertanyaan. Nantinya akan dilengkapi dengan tahap pemeriksaan kejiwaan.

"Saya tidak bisa langsung mengatakan itu (gangguan jiwa), harus menunggu keterangan medis," ujar Eko.

Untuk diketahui peristiwa tragis itu terjadi pagi tadi dan diketahui Sukimin sekitar pukul 07.00 WIB. Awalnya ia berangkat mencari rumput bersama dua anaknya kemudian sempat kembali ke rumah untuk mengambil peralatan dan juga membawa seikat rumput. Saat akan kembali mencari rumput, korban dijemput ibunya.

Ketika pulang ke rumah, Sukimin histeris karena anak keduanya sudah tengkurap di dapur dengan darah mengalir dari leher. Sukimin segera mencari bantuan namun nyawa korban tidak terselamatkan. Umi yang berada di ruang tengah rumahnya langsung digelandang ke Mapolres Grobogan.

"Saat ditangkap, pelaku ada di rumah. Pisau yang digunakan sudah dicuci sendiri oleh pelaku," tutup Eko. 


#Gan/detiknews/alg/dhn

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas