Breaking

Friday, December 2, 2016

Danrem 071/WK Hadiri Gerakan Tanam Pohon Tingkat Provinsi Jawa Tengah

MWawasan.Banyumas – Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi pada Kamis (1/12) menghadiri Gerakan Tanam Pohon Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia yang diselenggarakan Dinas Perhutani dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah. Berlangsung di Hutan Igir Cabe Seloaji Grumbul Depok RT.01 RW.08 Desa Parungkamal Kec.Lumbir Kab.Banyumas.
Gerakan tanam pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko beserta para pejabat pemprov Jateng, Bupati Banyumas, Rembang, Purbalingga, Wonosobo, Pemalang, dan Wabup Cilacap, Forkopimda Banyumas beserta FKPD, Camat se Kab.Banyumas, Kelompok Tani Hutan se Kec.Lumbir, para Kades dan perangkat desa se Kec.Lumbir, para Kepala SD, SMP, SMK se Kec.Lumbir, perwakilan pelajar SD, SMP dan SMK se Kec.Lumbir, BPP Kec.Lumbir, Dishutbun Banyumas serta RAPI Banyumas.
Menteri Kehutanan dan Perkebunan dalam amanatnya yang disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya gerakan tanam pohon Indonesia tersebut.
Dikatakan bahwa program menanam pohon ini memberikan manfaat yang baik secara ekonomis maupun kesehatan.
“Sapa sing nandur bakal ngunduh”, ungkapnya.
Ini merupakan filosofi yang mempunyai nilai sangat baik, lanjutnya.
Gerakan menanam pohon sekalipun kita tidak sempat menikmati hasilnya, paling tidak untuk anak cucu kita kelak. Gerakan tanam pohon ini juga bermanfaat untuk kelangsungan hidup lingkungan kita, untuk mencegah terjadinya bencana alam khususnya tanah longsor dan banjir.
Pada kesempatan lain, Menteri Kehutan dan Perkebunan menyampaikan bahwa pemerintah berharap agar gerakan menanam pohon tersebut bersifat masiv dan berkelanjutan, hal ini agar kita dapat menyelamatkan lingkungan kita.
Wakil Gubernur Jawa Tengah menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program kerja tahunan pemerintah provinsi Jawa Tengah dengan bekerjasama dengan pemerintah Kab.Banyumas.
“Maksud dan tujuan diadakannya program ini, untuk melestarikan lingkungan kita terutama hutan yang ada di kawasan hutan di Kec.Lumbir ini”, ungkapnya.
119.000 bibit pohon berbagai macam pohon diantaranya pohon albasia, pohon sengon, pohon acasia, pohon kopi, pohon johar, pohon puspa, pohon salam, pohon kurnis dan pohon cengkeh dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Banyumas, Dinas/Instansi baik Propinsi maupun Kabupaten.
Disamping dilaksanakannya tanam pohon, juga diserahkan penghargaan untuk kelompok tani maupun dinas terkait kepada perwakilan Kab.Jepara, Kodya Surakarta, Kab.Brebes dan Kab.Banyumas. serta dialog berupa tanya jawab dari Wagub, Bupati Banyumas, Danrem 071/Wk, Kajari disertai pemberian doorprize bagi undangan yang bisa menjawab pertanyaan.
Seusai seremonial gerakan menanam pohon, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Danrem 071/Wk, Bupati Banyumas beserta pejabat lainnya melaksanakan tanam pohon serempak disekitar wilayah hutan igir cabe tersebut.


#Gan/ppwi/kopi

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas