Breaking

Tuesday, November 29, 2016

Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Nilai 7 SKPD

MWawasan.Padang(SUMBAR)- Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Padang melakukan penilaian penataan arsip tujuh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kota Padang. Langkah ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesadaran masing-masing SKPD akan pentingnya arsip itu sendiri.

"Kita sengaja melakukan penilaian kepada masing-masing SKPD karena selama ini mungkin kita menganggap arsip dinamis yang diutamakan, kita melupakan bagaimana pentingnya arsip bagi manajemen instansi," ucap Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Desmon Danus, usai melakukan evaluasi di dua SKPD yang ada, Senin (28/11).

Penilaian tahap internal ini awalnya dilakukan ke setiap SKPD yang ada di Padang. Setelah dilihat, akhirnya jumlahnya mengerucut menjadi tujuh SKPD.

"Cukup banyak aspek dalam penilaian ini, diantaranya teknis pengarsipan, pemberkasan, dan lainnya," katanya.

Seluruh aspek ini menurut Desmon mesti dimiliki oleh masing-masing SKPD yang dinilai. Pengelola arsip pun diharapkan campin dalam mengelola arsip maupun memberikan data yang diminta.

"Pengelola arsip mesti cepat mendapatkan arsip. Ketika arsip diperlukan atau diminta, dalam lima menit sudah didapat, bukan membongkar arsip semua dulu baru dapat," tukuk Desmon.

Desmon menyebut, banyak orang yang menganggap arsip bukan hal yang teramat penting. Anggapan demikian menurut Desmon tidak benar. Justru arsip merupakan hal yang cukup vital bagi sebuah SKPD.

"Arsip adalah tameng bagi diri kita, karena itu SKPD mesti mengelola dan menata arsip dengan baik," tegasnya.

Pada penilaian yang dilakukan, tim penilai lebih dahulu mendatangi Kantor Dinas Tata Ruang Tata Bangunan yang terletak di jalan Sudirman. Saat datang ke kantor ini, tim penilai diterima Kasubag Umum Dodi Wijaya beserta staf. Dalam pemaparannya di depan tim, Dinas TRTB Kota Padang telah mengelola kearsipan dengan baik.

"Bahkan kita tidak biarkan lagi arsip menggunung, semua sudah kita tata dengan baik," ucapnya.

Selain melakukan penilaian ke Dinas TRTB, tim penilai juga melawat ke Dinas Kelautan dan Perikanan. Di sini, tim penilai diterima langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Zalbadri. Dalam paparannya, Zalbadri mengaku bahwa kearsipan di kantornya sudah berjalan maksimal.

Seperti diketahui, tim penilai melihat langsung aspek pendukung pengelolaan arsip seperti SDM, serta sarana dan prasarana. Unsur yang menjadi penilaian yakni arsip aktif dan arsip inaktif. "Kita nilai semua dan nanti akan ada satu SKPD yang benar-benar lebih baik dalam penataan arsipnya," ucap Desmon Danus didampingi Kepala Dinas Dukcapil Wedistar, Kepala Bagian Humas dan Protokol Mursalim serta lainnya.


#Gan/humas/Charlie

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas