Breaking

Tuesday, November 29, 2016

Perguruan Tinggi Seni Indonesia Meriahkan FKI 9 di ISI Padang Panjang

MWawasan.PadangPanjang(SUMBAR)- Sembilan perguruan tinggi seni di Indonesia merikan Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-9 di Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang ke-9 berlangsung selama 3 hari di kampus ISI Padang Panjang sejak Selasa kemaren.

Kegiatan yang diikuti oleh 9 perguruan tinggi seni di Indonesia itu berlangsung sangat meriah,karena menampilkan berbagai kesenian tradisi masing-masing daerah, baik dari seni rupa maupun seni pertunjukan sehingga penonton/pengunjung yang luar biasa banyaknya hadir pada saat itu terpukau.

Dari awal kegitan itu, tampak antusias masyarakat  sudah terlihat, sampai penutupan Kamis (10/11) malam penonton/pengunjung kian bertambah. Bahkan gedung pertunjukan Hoerijah Adam tidak mampu menampung padatnya penonton.

9 delegasi yang terdiri dari ISBI (Aceh), ISI Padang Panjang, IKJ (Jakarta), ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISBI Bandung, STKW Surabaya, dan ISBI Papua, selama kegiatan mereka menampilkan kesenian Daerah masing-masing yang unik dan memukau.

Kesenian yang ditampilkan pun beragam. Mualai dari pawai budaya masing masing Daerah dari delegasi, serta pameran seni rupa, pemutaran Film, serta pertunjukan-pertunjukan seni yang berangkat dari keunikan daerah masing-masing kampus yang beragam.

Rektor ISI Padang Panjang Prof.Dr.Novesar Jamarun,MS mengaku bangga dan berterimakasih atas kepercayaan yang kedua kali kepada ISI Padang Panjang untuk menghelat FKI yang sebelumnya pernah dipercaya pada 2001 silam. Ia juga menghimbau kepada seluruh pimpinan kampus seni yang hadir untuk tetap menjalin kerjasama serta hubungan yang baik.

"Ini Kegiatan yang mengingatkan kita betapa pentingnya nilai-nilai budaya. Seakan menjadi bukti serta menyadarkan kita akan pentingnya kebersamaan didalam keberagaman untuk menjadikan seni sebagai tumpuan kedepan." Ucapnya

ketika memberi sambutan pada acara penutupan FKI di gedung Pertunjukan Hoerijah Adam.

Firdaus,S.St,M.Pd selaku pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan ISI Padang Panjang juga berharap momen FKI tidak hanya

sebagai seremony ajang perkumpulan antar mahasiswa Seni se Indonesia. "Namun, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi cermin bagi mahasiswa untuk berkarya kedepan," katanya.

Selain sukses menyelenggarakan FKI, acara ini seperti menjadi momen berharga bagi kampus seni tertua di sumatera itu, serta menjadi legenda bagi kesenian sumatera barat. Karena pada acara ini juga bertepatan dengan hari memperingati 45 tahun

wafatnya seorang tokoh seni yang berperan penting untuk kemajuan seni indonesia khususnya sumatera barat, yaitu Hoerijah Adam.

Seperti dikabarakan bawah Maestro kesenian ISI Padang Panjang, Hoerijah Adam yang telah menutup usianya pada 10 November 35 tahun silam bersama kecelakaan pesawat merpati yang sampai sekarang tidak ditemukan. Sebagai bentuk terimakasih ISI Padang Panjang juga mengadakan kegiatan mengenang wafatnya Hoerijah adam setiap tahun yang kebetulan bersamaan dengan FKI ke-9 kali ini. 

#01.

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas