Breaking

Wednesday, November 2, 2016

Bandung Resmi Larang Penggunaan Styrofoam

MWawasan.BANDUNG- Kebijakan Pemkot Bandung soal dilarangnya penggunaan styrofoam pada pembungkus makanan dan minuman konsumsi, berlaku efektif pada 1 November 2016 ini di Kota Bandung. Bahkan salah satu produsen makanan terbesar di Indonesia mau mengikuti program pemusnahan styrofoam yang merusak lingkungan,

“Karena mereka takut omset penjualannya berkurang, sehingga mengikuti alur yang dibuat oleh Pemkot Bandung. Akhirnya Indofood rapat dan bertemu dengan saya menyatakan akan mengikuti kebijakan Wali Kota Bandung,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada KOPI di Pendopo Kota Bandung.

Ridwan Kamil menyebutkan, tidak hanya pembuatan di Kota Bandung saja, namun nantinya sekalian di seluruh indonesia merubah dari styrofoam menjadi karton. “Hanya skala industri harus ganti mesin dan mencari bahannya, jadi mereka minta ijin waktu untuk mengganti mesin pencetakan,” ucap Ridwan.

Artinya, menurut Wali Kota, niat itu mendapat respon yang baik, sehingga pola pikir baik seorang manusia untuk lingkungan digunakan pada saat ini. “Penyelamatan lingkungan itu dengan regulasi, salah satunya ada di peraturan wali kota yang menyinggung seperti bangunan hijau. Itu kan kalo bangunan hijau dipakai oleh seluruh masyarakat dalam sepuluh tahun, kita tidak terkena polusi Co2 sekitar 260 ribu ton dan menghemat biaya listrik setengah trilyunan,” jelasnya.

Ridwan Kamil menyampaikan, nantinya untuk teknis dalam pengawasan akan kembali dibahas melalui rapat koordinasi. “Isinya saya akan langsung membuat surat edaran sampai Lurah-lurah harus bergerak memberitahukan stop styrofoam. Jadi per tanggal 1 November, membuat pemberitahuan secara tertulis, kalo tidak diikuti saja lanjut pertegas dengan pemberitahuan lisan dan jika sampai itu tidak mematuhi juga akan langsung di cabut ijin usahanya,” tandasnya.

Jadi, pungkasnya, inilah contoh-contoh bagaimana Pemkot Bandung selama ini sangat peduli terhadap lingkungan dan cara strategis untuk jangka panjangnya, demi terselengggaranya kebersihan lingkungan.





#Gan/KOPI/PPWI

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas