Breaking

Wednesday, July 15, 2015

MK-Shadiq Didukung Penuh Elit Minang Jakarta

M Wawasan, Jakarta---Pasangan calon gubernur asli racikan Sumatera Barat didukung penuh elit Minang di Jakarta, Selasa 14/7 malam. Dihadiri langsung istri Wakil Presiden RI, Ny. Muhfida Jusuf Kalla, bulat tekad mendukung Muslim Kasim (MK)-Shadig Pasadigue (SP) di Ball Room Bunda Nuriah Is Plaza Jakara.
 
Selain istri Wapres juga terlihat mantan Kapolri dan mantan Menaker Jenderal Pol (Purn). Prof. Awaloeddin Djamin, MPA, mantan Gubernur Sumbar dan Menko Kesra Letjen TNI (Purn) Ir. Azwar Anas Datuk Rajo Sulaiman, penyair Taufiq Ismail, mantan Menteri Perindustrian Drs. Fahmi Idris, mantan Anggota DPR RI Is Anwar Datuk Rajo Perak, SH, mantan Walikota Padang Syahrul Ujud, SH, mantan Wamendikbud Prof. Fasli Jalal, mantan Dirjen Otda Prof. Djohermansyah Djohan, MA.
 
Dari DPP PKDP juga nampak Dra. Hj. Masni Rani, H. Basrizal Koto dan sejumlah tokoh dari Tanah Datar, Ketua BK3AM Jakarta DR. Zulfahmi Burhan dan sejumlah pengurus Gebu Minang Pusat. Bahkan rang sumando Minang Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara dan Din Syamsudin juga hadir memberikan tausyiah dalam tajuk buka puasa bersama dihadiri langsung pasangan calon kepala daerah Sumbar pada Pilkada 2015.
 
Ny. Muhfida Jusuf Kalla dalam sambutan singkatnya menegaskan bahwa Sumatera Barat perlu perubahan. "Kedepan kita membutuhkan seorang pemimpin yang diharapkan mampu melakukan perubahan kearah yang lebih baik di tingkat nasional,"ujar Ny Mufida.
 
Tokoh nasional asal Sumbar, Buya Ahmad Syafei Maarif dalam testimoninya yang dibacakan langsung oleh mantan Walikota Padang Syahrul Ujud, SH, juga menegaskan bahwa Sumatera Barat butuh perubahan. Daerah ini, kata Buya, pernah bangkit setelah terpuruk dari peristiwa PRRI.
 
Kebangkitan itu ditandai dengan diperolehnya penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha di zaman Gubernur Azwar Anas dan Hasan Bari Durin. Namun dalam lima tahun belakangan, kondisinya menurun lagi. Menurut tokoh Muhamadiyah itu, saat ini kepemimpinan di Sumatera Barat tersebut harus diambil alih oleh seorang petarung sejati yang bisa memulihkan martabat Sumatera Barat.
 
“Malu rasonyo awak jo kondisi kampuang nan tapuruak kiniko,” kata Buya. Buya Syafii Maarif dalam testimoninya juga mengajak orang Sumatera Barat untuk basamo-samo memulihkan martabat Ranah Minang dengan memberikan mandat kepada gubernur rakyat, bukan gubernur partai. Seorang pemimpin, kata dia, haruslah yang mengerti adat istiadat, mangarati alua jo patuik, ereng jo gendeng, raso jo pareso, tahu dahan ka maimpok dan rantiang nan kamancucuak.
 
Seorang pemimpin di Ranah Minang harus terbuka untuk mendengar dan menerima usulan dari semua unsur masyarakat sehingga menjadikan Sumatera Barat yang maju dan bermartabat. Tak tanggung-tanggung Mantan Gubernur Sumbar yang juga Mantan Menko Kesra Azwar Anas langsung mengarahkan bahwa orang Minang diminta memberikan dukungan kepada Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim dan Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe sebagai pasangan Gubernur dan wakil Gubernur Sumbar mendatang.
"Kita basamo (bersama) mendukung dan menjadikan MK-SP sebagai Gubernur dan wakil gubernur Sumbar,"ujarnya.
 
Awaloedin Djamin dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu kebanggaan orang Minang adalah dengan sumber daya manusianya, dengan tokoh-tokohnya. Untuk memunculkan semua itu, perlu komunikasi yang baik dan terus menerus dengan semua pihak.
 
Prof. Fasli Jalal yang mengantar acara ini, mengakui bahwa selama ini sepertinya ada komunikasi yang terputus antara rantau dan ranah. “Ini perlu kita bangun bersama,” kata dia.
 
Sementara, Prof. Djohermansyah Djohan mengingatkan bahwa untuk mengembalikan kejayaan Ranah Minang, maka pada Pilkada serentak Desember nanti, Sumbar harus mampu memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang kapabel dan merakyat, begitu juga dengan bupati dan walikota di 13 daerah. ?Sumando Minang yang juga Ketua MUI dan Ketua Umum Muhammadiyah, Prof. Din Syamsudin, pun tak lupa mengajak para sumando Minang untuk ikut mendorong citra rancak Ranah Minang yang selama ini sudah harum di tingkat nasional.


Sumber: Relise

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas