Breaking

Saturday, February 21, 2015

UNP Bangun Tujuh Gedung Baru dengan Biaya 180 M


Padang, MW---Pembangunan tujuh gedung baru Universitas Negeri Padang (UNP) telah dimulai . Gedung tersebut adalah auditorium, bisnis centre, labor terpadu, ruang kelas terpadu, rektorat dan pusat perkantoran, gedung pusat mahasiswa, dangedung pusat pelatihan guru . tujuh bangunan tersebut ditargetkan selesai dalam 365 hari kerja .

Sosialisasi penandatanganan kerja sama dengan pihak kontraktor telah dilakukan minggu lalu. Dengan begitu, pekerjaan telah dimulai dan ditargetkan selesai tahun depan , kata rektor UNP Prof Dr Phil Yanuar kiram didampingi project manager pengembangan Kampus UNP, Prof Drs Ganefri ,MT, PhD sesaat setelah penandatanganan pada 2 February lalu di UNP.

Yanuar menjelaskan  realisasi pembangunan gedung tersebut sudah lama diharapkan pihak  kampus.Permohonan untuk mendapatkan bantun dana ter sebut sudah diajukan ke Islamic development bank (IDB) sejak berapa tahun lalu . Pemenang tender adalah PT Adikarya yang merupakan perusahaan yang melakukan penawaran terendah dari 18 perusahaan lainnya. Total biaya untuk pembangunan sekitar 180 miliar.

IDB adalah salah salah satu  donatur yang memberikan bantuan pembiayaan bagi pembangunan di Indonesia. Sebagaimana sebuah institusi islam ,IDB memberikan pinjaman kepada pemerintah Indonesia dengan prinsip – prinsip syariah . salah satu implikasi dari prinsip syariah yang digunakan adalah tidak memberikan kredit tapi pembiayaan barang yang dibutuhkan.

Yanuar menyampaikan dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai, pada akhirnya mutu lulusan akan  meningkat karena selain kualitas dosen , proses belajar pun jadi lebih baik. Gedung tersebut akan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya .

Saat ini, untuk ruang kelas UNP telah memiliki gedung yang representative . setiap fakultas telah memiliki gedung sendiri , termasuk pasca sarjana. Dengan penambahan gedung baru ini ,tentu pengelolaan akademik akan lebih baik lagi .

Apalagi akan dibuatkan khusus gedung untuk kegiatan mahasiswa . Gedung ini bisa dijadikan tempat membentuk karakter mahasiswa. Nantinya berbagai kegiatan kemahasiswaan bisa dipusatkan sehingga mahasiswa bisa saling berinteraksi dan bertukar pikiran.

Selain itu, ada labor terpadu yang nantinya akan dilengkapi fasilitas memadai .mahasiswa teknik tentu akan bisa mengaplikasikan teori yang didapat di ruang belajar  dengan di labor. Gedung ini nantinya bisa menampung kepentingan pendidikan . “bantuan tersebut juga digunakan menyediakan alat labor yag sesuai dengan teknologi terkini’’ katanya.

Selain ,fisik kata Yanuar ,bantuan IDB yang mencapai Rp 340 miliar itu juga akan digunakan untuk pengembangan kemampuan dosen . seperti meningkatkan kemampuan dosen dengan menyediakan fasilitas , seperti pelatihan dan lainnya.

"Jadi tidak fisik saja . program peningkatan kemampuan dosen juga menjadi perhatian IDB .maka nya , tahun depan UNP akan menjadi unuversitas yang lebih baik lagi” ,tegasnya didampingi pembantu Rektor II Alizamar

Yanuar meminta kepada PT Adikarya sebagai pelaksana proyek dalam pembangunan nanti agar tidak  mengganggu proses belajar maha siswa. Artinya , aktivitas perkuliahan bisa tetap dilakukan dengan aman dan nyaman .

Dia meminta hal hal kecil mesti diperhatikan pelaksana proyek. Selain itu, mahasiswa juga diminta memaklumi jika ada sedikit gangguan , seperti jalan kampus yang berdebu karena moila barang ke luar masuk dan lainnya .

Disisi lain, UNP juga tengah mempersiapkan menjadi Badan layan umum (BLU) .status baru ini tidak hanya mengubah system manajemen dan keuangan. Namun juga menjadi lebih mandiri dan kreatif .sistem BLU mengemukakan unsure layanan public yang didasari perbaikan kinerja semua unit di bawah UNP .

Dia menambah kan dengan system baru ini , salah satu yang bisa dilakukan UNP adalah kebebasan dalam mengelola keuangan. Kebebasan ini maksudnya ,apa yang menjadi program peningkatan mutu langsung  bisa di aplikasikan tanpa menunggu persetujuan pusat .

”kita akan lebih fleksibel dalam penggunaan anggaran. Ketika ada program yang dinilai bisa meningkatakan mutu pendidikan ,maka bis diaplikasikan . tentunya ,pengguna anggaran ini akan dilaporkan ke pusat , ‘’katanya.”jika jadi BLU,banyak program yang bisa segera direalisasikan . tentunya proses pembelajaran di kampus semakin membaik dan peningkatan penjaringan bisa di tingkatkan, “imbuhnya.


Dilaporkan : Edison Effendi

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas