Breaking News

Warga SAD Diajari Cara Bercocok Tanam

 MWawasan,Sarolangun-(JAMBI) Kegiatan TMMD reguler ke-106 yang dilaksanakan oleh Kodim 0420/Sarko di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, sangat menyentuh kepada masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) di daerah tersebut, khususnya di Kawasan terpadu Kampung Madani SAD.

Pasalnya, selain dibangun infrastruktur jalan, masyarakat SAD juga mendapatkan pendidikan dan pemahaman mengenai cara bercocok tanam yang baik.

Seperti yang dilakukan Kapten Inf Sutego Effendi, selain tugas sebagai Koordinator lapangan pembangunan fisik, beliau juga merangkap sebagai tenaga pengajar bagi warga Suku Anak Dalam (SAD).

"Hari ini saya mengajarkan mereka (SAD) cara bercocok tanam, baik itu cara menanam jagung maupun sayuran, karena selama ini untuk menopang kebutuhan hidup keluarga, mereka berburu dihutan kemudian dijual ke pasar maupun ke pengepul," katanya.

Kapten Sutego yang juga mantan Komandan Kompi A Yonif 142 ini menjelaskan, dengan diberinya pelajaran cara bercocok tanam, diharapkan mereka (warga SAD) bisa bercocok tanam dan tidak tergantung hanya dengan hasil buruan dari petualangan hutan.

Perlu diketahui, warga Suku Anak Dalam yang mendiami kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) hidup secara berkelompok, dan tiap kelompok mempunyai tumenggung masing masing.

#iksan

No comments