Breaking

Sunday, August 18, 2019

Kapolda Sumbar Renungan Suci Pada Pergantian Malam HUT RI ke 74 di Makam Pahlwan

MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal memimpin upacara apel penghormatan sekaligus renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Upacara juga renungan suci  berlangsung di pergantian malam  pada pukul 00.00 WIB, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

Renungan suci ini dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta seluruh unsur Forkopimda Sumatera Barat.

Prosesi renungan suci dihiasi dengan api obor yang dihidupkan oleh para siswa-siswi Pramuka. Mereka berdiri sembari memegang api obor di beberapa sisi makam para pejuang yang telah gugur.


Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal membacakan naskah renungan yang berlangsung khidmat. Berikut isi renungan yang dibacakan Jenderal bintang dua itu.

Renungan Suci. Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu tanggal 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB.Pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan. TNI dan Polri 974 orang, pegawai sipil dan pejuang rakyat 287 orang, pahlawan tak dikenal 49 orang. Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Dan dalam kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya. Taman Makam Pahlawan Lolong Padang, tanggal 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB. Atas nama yang hadir dalam upacara, kami inspektur upacara, Fakhrizal.

Setelah usai pembacaan renungan suci, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang diikuti oleh syang hadir.Kemudian  Upacara ditutup dengan penghormatan terakhir bagi para pahlawan yang telah gugur.

Para awak media, Jenderal bintang dua ini menyampaikan, renungan suci merupakan prosesi untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. “semua Kita bisa seperti sekarang karena perjuangan pahlawan di masa lalu,Dan ini kita peringati setiap tahunnya. Masyarakat hendaknya dapat meneruskan perjuangan pahlawan itu tentunya,” Sampainya Fakhrizal.

Tujuannya utama untuk meneruskan perjuangan itu, dengan berbuat yang terbaik dan bekerja keras untuk bangsa dan negara. kerana sangat  besar maknanya  kemerdekaan itu tegasnya Kapolda

Semangat kemerdekaan itu diraih dengan tumpah darah, untuk kita sendiri. Seperti yang saya sampaikan, kita melaksanakan pekerjaan kita untuk membangun bangsa ini sehingga kita bisa mengenang parajasa pahlawan dengan berbuat untuk bangsa dan negara,” tutupnya.

#Bayu

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas