Breaking News

Tahun Depan, Pasar Atas Akan Dibangun Dua Lantai

MWawasan,Sarolangun- (JAMBI)Bupati Sarolangun Cek Endra merencanakan pada tahun 2020 mendatang akan merubah kondisi pasar atas Sarolangun yang lebih baik dan modern dibandingkan kondisi pasar atas saat ini.

Dimana pasar atas Sarolangun saat ini selain kotor dan sembrawut, pedagang di sana juga sangat sempit sehingga sering terjadi kemacetan karena tidak teratur dengan baik.

Kata Cek Endra, tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Sarolangun hanya akan melakukan proses perencanaan pembangunan pasar atas tersebut. Menurutnya, Pasar Atas Sarolangun terdiri dari dua blog, yakni pasar kering dan pasar bawah.

Untuk pasar kering ini, pihaknya akan menganggarkan sebesar Rp 15 miliar untuk pembangunan gedung pasar atas dua lantai, karena lokasinya memang lebih luas dibandingkan kondisi pasar basah.

Namun, ia berharap agar pasar basah ini juga bisa dibangun dengan tipe yang sama dengan pasar kering tersebut meskipun luasnya lebih kecil, dengan hanya membutuhkan anggaran Rp 10 miliar bangunan pasar basah ini.

"Pasar atas masih kotor, sembrawut. Jadi terkenal memang banyaknya pedagang kita sangat sempit sehingga kita susah pengaturan kenyamanan di pasar. Tahun ini kita sudah membuat perencanaan pembangunan pasar atas, Insa allah tahun depan akan dibangun pasar atas sebelah kiri, kalau bisa memungkinkan pasar basah pun akan serentak kita bangun," kata Cek Endra belum lama ini.

" Itu baru sebelah blog, tapi kita lihat tadi pasar ikan (basah. Red) ini tidak seluas pasar kering ini, mudah mudahan sama tipe bangunan tapi ukurannya lebih kecil, Insa allah dengan 10 miliar cukup, kalau memungkinkan tahun depan serentak dibangun," kata dia menambahkan.

Ia juga meminta instansi terkait khususnya dinas perkim untuk berpikir bagaiamana menyiapkan pasar darurat untuk menempatkan para pedagang untuk sementara waktu pada saat pembangunan pasar atas ini. Maka ia meminta agar perencanaan pembangunan pasar tersebut agar dimatangkan sejak APBD-Perubahan tahun 2019 ini.

"Masalahnya sekarang ini bagaimana kita memikirkan pasar daruratnya dimana, ini sangat penting, coba ini dipikirkan dimana kita memusatkan pedagang tahun depan selama itu pembangunan konstruksi, setelah itu kita atur lagi. Saya ingin ya jalan di pasar atas itu tidak macet, semua bisa lalu lalang," katanya.#iksan

No comments