Breaking News

Polres Batang Gelar Silaturahmi Kamtibmas dan FGD

MWawasan, Batang (JAWA TENGAH)~ Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal dihelat September 2019 mendatang, Polres Batang menggelar Silaturahmi kamtibmas dan Focus Group Discussion (FGD) di ruang pertemuan utama (Rupatama) Mako Polres setempat, Sabtu (20/7/19).

Hadir dalam acara tersebut, Wakapolres Batang Kompol Hartono,
Kakesbangpol A Andi Hakim, Kadispermades Wisnu Agung Barata,
Kepala Bidang Pemberdayaan Desa M. Teguh Witoyo, Pejabat Utama (PJU) Polres Batang, Kapolsek jajaran, Da'i Kamtibmas, Perkumpulan Pengurus Rukun Tetangga (PPRT), dan Persatuan Kades 'Sang Pamomong'.

Wakapolres Batang Kompol Hartono mengatakan Polres Batang telah menyiapkan perencanaan pengamanan dari kebutuhan personel, sarana dan prasarana (Sarpras).

"Untuk pengamanan kita siapkan kurang lebih 1.700 personel, yang akan diback up dari Polda Jawa Tengah dibantu Brimob, Polres Kabupaten Pekalongan, dan Polres Pekalongan Kota," terangnya usai acara FGD. 

Dijelaskan, Polres Batang juga rutin menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) baik dengan stakeholder dan instansi terkait, maupun kegiatan lain yang mengarah pada suksesnya Pilkades Serentak. 

"Kita ingin melibatkan semua elemen baik dari Pemerintah daerah, ulama, Tokoh masyarakat, dan lainnya.  Pilkades serentak harus kita sukseskan bersama," katanya. 

Selain itu, Polres Batang juga telah melakukan penanggulangan  konflik dampak Sosial dari Pilkades. Mulai dari pemetaan daerah rawan, Polres telah mengklasifikasi daerah rawan pilkades meliputi kategori aman, rawan 1 dan rawan 2.

"Klasifikasi tersebut merujuk pada Peserta Pilkades, Jumlah pemilih, dan tempat berlangsungnya Pilkades," ujarnya. 

Setelah klasifikasi, lanjut Hartono, Polres Batang berencana menggelar simulasi penanggulangan konflik Pilkades serentak. 

"Nanti bakal melibatkan TNI , Pemda, Satpol dan organisasi masyarakat," ujarnya. 

Sementara Kepala Dispermades, Agung Wisnu Barata menuturkan panitia Pilkades di 206 Desa telah digembleng melalui bimbingan Teknis sehingga mereka telah siap melaksanakan tugasnya sesuai mekanisme yang berlaku. 

"Harapannya kita semua, bisa satu perspektif dalam penyelenggaraan Pilkades serentak ini, demi suksesnya Pilkades yang aman dan damai," katanya. 

Dikatakan Agung, Pemkab Batang mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 9,7 miliar dalam pelaksanaan Pilkades. Namun jumlah tersebut masih dalam tahap revisi pendanaan agar memenuhi asas kewajaran dan kepatutan.

#Trisno

No comments