Breaking News

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Puasa Ramadhan 4 Mei 2019

Jema'ah Tarekat Naqsabandiyah sedang melaksanakan shalat tarwih pertama, Jum'at (03/05/2019)
MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Meski pemerintah belum menetapkan awal Ramadan 2019 namun jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat sudah mulai melaksanakan  Sholat taraweh pada Jumat (3/5) malam dan sabtu pagi sudah melaksannakan puasa pertama.

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Syafri Malin Mudo mengatakan, pihaknya menetapkan  awal puasa Ramadan 2019 berdasarkan sistem hisab, malam saat Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah

Penghitungannya, kata Syafri, saat Rasulullah hijrah pada Rabu petang dan malam Kamis.

"Artinya satu hari puasa dihitung berdasarkan malam Nabi hijrah, dan perhitungannya setiap tahun Hijriah puasa digenapkan hingga 30 hari," papar Syafri.

Dalam hal ini, Tarekat Naqsabandiyah berpuasa selama setahun dengan perhitungan 30 hari puasa Ramadan dan 6 hari puasa Syawal. Dengan demikian, Idul Fitri akan jatuh pada 1 Syawal tepatnya senin, 3 juni 2019

Syafri juga  mengatakan jemaah tarekat Naqsabandiyah di Sumbar sekarang hanya berjumlah puluhan. Ia mengaku ada banyak jemaah yang masuk dan keluar. Ada juga jemaah yang berkurang karena meninggal dunia.

#Mufri

No comments