Breaking News

Dinas Kesbangpol dan Linmas Sijunjung Tuan Rumah Sosialisasi Pemilu Serentak 2019

MWawasan, Sijunjung (SUMBAR)~ Dalam rangka persiapan pemilu serentak 2019 di Kabupaten Dijunjung, Dinas Kesbangpol dan Linmas Sijunjung melaksanakan sosialisasi dengan tema "Melalui sosialisasi kita wujudkan pemilu yang aman, demokratis, dan bermanfaat" di gedung pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (11/04).

Kegiatanan sosialisasi ini diikuti peserta sebanyak 200 orang meliputi, Ormas, LSM, Linmas, Bem PTS, Osis, dan Kasi Trantib Kecamatan.

Pada Kegiatan sosialisasi ini, Kepala kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung Bobby Roespandi,AP,M.Si. menyampaikan 4 poin tujuan dari sosialisasi tersebut, meliputi ; ''
1. Untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap semua persiapan pemilu 2019. 

2. Meningkatkan peran aktif negara, peserta, dan pemilih pada saat pelaksanaan pemilu serentak 2019. 

3. Menegakkan komunikasi dan pendidikan politik pemerintah daerah terhadap pemilih pada pemilu 2019.

4. Terwujudnya pemilu yang damai, demokratis, dan bermartabat, serta terciptanya suasana yang kondusif " 
ucapnya.

Narasumber yang hadir dalam sosialisasi ini adalah ; Polres Sijunjung, Dandim 0310, Ketua KPU Ketua Bawaslu dan Kejaksaan Negeri Sijunjung.

Bupati Kabupaten Sijunjung Drs.H. Yuswir Arifin falam sambutannya berharap pemilu 2019 berjalan lancar dan sesuai dengan tatanan yang telah digariskan.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy dan Kepala Dinas Satpol Pp dan Damkar.

Selanjutnya, Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsa selaku narasumber menyampaikan Calon Legislatif yang akan kita pilih di Dapil 1 Kabupaten Sijunjung ada 131 caleg dengan kursi yang di sediakan berjumlah 10, Di Dapil 2 ada 109 caleg dengan kursi 8. Dan di Dapil 3 ada 133 caleg dengan kursi 12. Maka totalitas dari caleg yang ada 373 dengan kursi 30 . Sedangkan pemilih yang akan memilih sebanyak 156.777 jiwa, ucapnya.

Pada kesempatan, Ketua Bawaslu yang di wakili oleh Divisi pengawasan hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Riki Manarsah,SE menyampaikan tugas kita dari Bawaslu hanya satu, memastikan setiap pelaksaan pemilu itu berjalan sesuai peraturan perundang-udangan, ucapnya.

Kemudian Polres Sijunjung dan Dandim 0310 menyampaikan bahwa tugas dari mereka adalah mengamankan jalannya pemilu di tiap- tiap TPS.

Setelah disampaikannya materi oleh para narasumber, kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup oleh Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy. Dalam penutupannya Arrival  Boy berpesan kita harus cerdas memilih calon yang berkompeten, jangan lagi kita menjadi pemilih yang gampang dibodohi, ujarnya.

#Mila

No comments