Breaking News

90 Desa Cairkan DD Tahap I 59 Masih Belum



MWawasan,Sarolangun - (JAMBI) Pencairan dana desa tahun 2019 pada tahap I sudah dilakukan proses pencairan, hingga awal April ini sedikitnya sudah ada 90 desa dari 149 desa di Kabupaten Sarolangun telah mencairkan dana tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Emalia Sari, melalui Kabid Perbendaharaan Ahmad Subhan, mengatakan bahwa rata-rata setiap desa pada pencairan Dana Desa tahap I akan menerima dana sebesar 180 juta hingga 200 juta. Namun, ada beberapa desa yang memang kucuran Dana Desa lebih dari 1 Miliar, pada tahap I ini akan menerima dana hingga 300 juta lebih.

"Pencairan DD tahap I sudah masuk ke kita itu 90 desa, rata-rata menerima di angka 180 juta s. d 200 juta, tapi ada memang beberapa desa yang dd nya besar, tahap satu ini mencapai 300 juta," katanya.

Kata Subhan, bahwa saat ini mekanisme pencairan dana desa ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para Kepala Desa terlebih dahulu melakukan proses pengajuan pencairan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sarolangun.

"Proses sekarang yang lebih intens itu ada di pmd. Sekarang proses tinggal di kami ada beberapa di bagian pos bantuan, penekenan bap dan buat rekapan desa-desa yang masuk untuk yang mau dicairkan, dimasukkan ke bagian lagi pada belanja langsung, baru kita cetak SP2D, lalu diberikan ke bank bpd, untuk ditransper ke rekening desa. tahapan ini sudah lebih lancar dalam proses pencairan ini," katanya.


#iksan

No comments