Breaking News

Kesbangpol Kota Padang Gelar Forum Pembauran Kebangsaan

Kesbangpol%2BKota%2BPadang%2BGelar%2BForum%2BPembauran%2BKebangsaan
 Jaga Kestabilan Daerah dan Sukseskan Pemilu Serentak 2019
MWawasan | Padang(SUMBAR)~ Pemerintah Kota Padang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan dengan mengangkat tema "Melalui Pembauran Kebangsaan Kita Jaga Stabilitas Daerah dan Sukseskan Pemilu 2019".

Kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Ja'ar Balaikota Padang, Kamis (21/2) itu, diikuti pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta perwakilan tokoh masyarakat, agama, adat dan organisasi masyarakat yang ada di Kota Padang. Untuk narasumber menghadirkan Drs. Asrinaldi, M.Si (FISIP Unand) dan Kolonel Infantri Choirul Mustofa S.Sos, M.Si selaku Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan Wilayah Sumatera Barat.

Wali Kota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dian Fakri menyampaikan sangat menyambut baik digelarnya kegiatan tersebut. Diharapkan dapat mengembangkan kesadaran dan semangat kebersamaan dalam membangun bangsa yang tangguh dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Selanjutnya meningkatkan sikap waspada terhadap berbagai ancaman yang datang baik dari dalam maupun dari luar negeri.

"Sesuai tema yang diangkat tentu perlu menjadi perhatian kita bersama. Bagaimana semua elemen terkait dan juga masyarakat di Kota Padang sama-sama mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019," ujarnya dalam sambutannya sewaktu membuka kegiatan.

"Pemilu 2019 merupakan puncak pesta demokrasi yang merupakan pemilu serentak pertama untuk memilih calon presiden-wakil presiden serta calon anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Oleh karena itu, apapun alasannya, Pemilu 2019 harus 
berjalan dengan sukses di Kota Padang sebagaimana seperti sebelumnya," tambahnya mengingatkan.

Sementara berbicara indikator dalam pemilu terang Dian, yaitu ada tiga dengan pertama terselenggaranya pemilu dengan asas Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (LUBER) serta jujur dan adil (Jurdil). Kedua meningkatnya 
partisipasi pemilih dan ketiga tidak ada konflik.

"Namun dalam setiap kali pelaksanaan pemilu makin mendekati hari pemilihan biasanya suhu politik akan meningkat. Bahkan tak jarang berdampak pada terjadinya konflik di masyarakat baik vertikal maupun horizontal. Kalau sudah terjadi konflik, sangat besar biaya yang dibutuhkan untuk memulihkannya menjadi seperti kondisi semula," tuturnya.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang Mursalim mengatakan Forum Pembauran Kebangsaan ini penting dilakukan khususnya untuk menjaga kestabilan daerah sekaligus persiapan mensukseskan Pemilu Serentak 2019. Sehingga, sebelum konflik terjadi dan agar Pemilu 2019 berlangsung sukses, perlu dilakukan persiapan dan berbagai upaya antisipasi.

"Diantaranya adalah dengan mengkampanyekan pemilu damai kepada seluruh elemen bangsa. Melalui kampanye ini diharapkan seluruh elemen bangsa memiliki komitmen yang teguh untuk tetap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," urainya menambahkan.

Lebih lanjut Mursalim pun menyampaikan arahan dari Wali Kota Padang bagi warga Kota Padang bahwa apapun agenda politik dan perbedaan politik jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari kita kampanyekan Pemilu Serentak 2019 dengan tema "Anti Hoax", Anti Sara dan Politik Uang untuk Menjadikan Pemilih Berdaulat Agar Negara Kuat. Semoga melalui kegiatan ini akan menambah semangat dan kebulatan tekad kita untuk mensukseskan Pemilu Serentak 2019 di Padang," tuturnya mengakhiri. 



# Gan | Humas/David

No comments