Breaking News

Wakil Bupati Sijunjung H.Arrival Boy Buka Acara Lomba Balita Sehat


MWawasan, Sijunjung~ Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung menggelar lomba balita sehat di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro, Senin (19/11).Lomba tersebut diikuti 26 balita dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy.

Wakil Bupati Arrival Boy mengatakan lomba balita sehat merupakan upaya pembangunan dan pengembangan kesehatan balita yang dimulai sejak dini, sehingga tercapai proses tumbuh kembang anak yang optimal dan akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif dan berkualitas.

Karena itu, kesadaran orang tua membawa anak ke posyandu dalam upaya pengembangan, pembinaan kesehatan, kesejahteraan balita sangat diharapkan sekali dalam upaya mencegah terjadinya stunting di Kabupaten Berjuluk Lansek Manih.

“Puskesmas merupakan ujung tombak di kecamatan, diharapkan memantau dan mengawasi pelaksanaan posyandu di wilayah kerjanya, begitu juga Ketua PKK Kecamatan agar berperan lebih aktif terhadap kegiatan-kegiatan kesehatan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Ezwandra, M.Sc mengatakan lomba balita sehat ini dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ke 54 tahun 2018 tingkat Kabupaten Sijunjung.

Lomba ini diikuti 26 balita dengan dua kategori, yaitu 13 orang kategori usia 6-24 bulan dan 13 orang kategori usia 25-59 bulan. “Peserta merupakan perwakilan masing-masing Puskesmas di Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, sambung dia, bertujuan untuk melakukan evaluasi stimulasi deteksi intervensi dini terhadap tumbuh kembang pada balita.Selain itu, kegiatan ini untuk memotivasi orang tua, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan pengawasan dan tumbuh kembang balita.


#zet/Tj