Breaking News

BPBD Bentuk Desa Tangguh Bencana di Daerah Rawan


MWawasan, Sarolangun~ Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun, saat ini membentuk Desa Tangguh Bencana di daerah atau Kecamatan yang rawan bencana, salah satunya bencana banjir dan longsor.

Kepala BPBD Trianto, Selasa (13/11) kemarin, mengatakan salah satunya yang dibentuk di Desa Danau Serdang, Kecamatan Pauh dan empat desa di Kecamatan lainnya yang sudah dibentuk sebelumnya.

Kata Trianto, Desa Tangguh Bencana ini disiapkan dalam menghadapi kegiatan kebencanaan, dimana ketika terjadi bencana masyarakat sudah mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan terlebih dahulu.

"Kegiatan desa tangguh bencana dan sosialisasi kebencanaan perlu kita sampaikan ke masyarakat program perencanaan kegiatan, termasuk pengurangan resiko bencana, sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat, terkait dengan kebencanaan," katanya.

Kemudian, katanya penyebarluasan informasi kebencanaan kepada masyarakat juga sanga penting, agar masyarakat bisa memahami tentang apa itu bencana, bagaiamana menanggapi resiko bencana. Di Desa tangguh bencana juga akan dilakukan pemutakhiran dokumen kebencanaan.

"Dimana harus di buat perencanaan, pertama ketika terjadi bencana bagaimana kita bisa evakuasi diri, penyelematan diri, kemudian memberikan bantuan dan rehab, ini perlu kita singkronisasikan dengan pemerintah desa," katanya.

Selain itu, katanya, pihaknya juga sudah memberikan masukan kepada kepala desa agar bisa merencanakan penanganan bencana dalam bentuk sarana evakuasi yang dimasukkan dalam RPJM Desa, misalkan dibangun gedung serba guna yang salah satunya sebagai tempat evakuasi bencana.

"Kemarin sudah kita berikan masukan ke kades, daerah rawan bencana agar dibuat gedung serba guna untuk digunakan tempat evakuasi bagi masyarakat ketika ada bencana banjir bulisa dievakuasi menyelamatkan diri dan berlindung ditempat yang aman," katanya.

Ketika ditanya soal penanganan bencana banjir, dirinya menjawab pihaknya akan selalu siap untuk menangani hal tersebut dengan peralatan yang juga telah disiapkan. "Kita siap siaga saat ini, karena saat ini sarolangun waspada banjir,"  katanya.


#Iksan