Breaking News

Terkait Penyakit Aneh Afifah, Dinkes Tunggu Hasil Laboratorium


MWawasan, Sarolangun~ Kepala Dinas Kesehatan M Adnan, menegaskan masih menunggu hasil pemeriksaan di Laboratorium RSUD Raden Mataher Jambi, terkait penyakit aneh yang dialami oleh seorang siswi SD 163 Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam,  bernama Afifah Nur Sholehah (7) yang menderita penyakit semacam cacar air di sekujur tubuhnya. 

Pemeriksaan yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah penyakit aneh tersebut disebabkan karena setelah mendapatkan suntikan vanksin Measles dan Rubella (MR) atau memang dikarenakan menderita penyakit alergi. 

"Belum ada hasil dari laboratorium, pertama kita sudah  rujuk Ke RSUD KHotib Quzwein, tapi tidak ada dokter anaknya. bawa ke bangko, tau tau dibangko di suruh rujuk ke Jambi. 

Kami belum bisa memastikan apakah memang dari vaksin atau nemang ada penyakit virus lainnya, yang jelas keputusan menunggu hasil laboratorium, " kata Adnan, saat dikonfirmasi awak media, Senin (17/9) kemarin. 

Ia juga menyebutkan bahwa dalam hal ini, pihaknya sudah mengutus petugas bersama pihak Puskesmas Air Hitam, berangkat ke Laboratorium RSUD Jambi, guna mendampingi dan menemui petugas laboratorium. 

"Petugas kami, kabid Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), bersama kepala puskesmas ke jambi sekarang mendampingi dan langsung ketemu petugas laboratorium , nanti kalau ada hasilnya besok kita akan klarifikasi," katanya. 

Adnan juga menjelaskan bahwa pada dasarnya pemberian vaksin MR ini merupakan vaksin yang diberikan semacam anti bodi bagi anak, agar mencegah penyakit campak dan rubella, dan program vaksin MR ini merupakan program nasional. "Kalau pengaruh vaksin beberapa jam setelah itu, barang itu dimasukkan berupa anti bodi," katanya menambahkan.


#Iksan