Breaking News

Sukseskan Pemilu 2019, Polres Solok Kota Gagas Deklarasi Tungku Tigo Sajarangan


MWawasan, Solok~ Tungku Tigo Sajarangan Kota / Kabupaten Solok, mendukung pemilu 2019 yang aman, damai dan badunsanak. Menolak politik uang, politisasi Masjid, dan tindakan yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat demi keutuhan NKRI.

Bahwa isi deklarasi tungku tigo sajarangan yang digagas Polres Solok Kota, sebagai upaya mewujudkan kondusifitas dan keamanan pelaksanaan perhelatan demokrasi, pemilu serantak yang akan dilaksanakan 2019 mendatang.

Pengucapan deklarasi yang dilaksanakan usai upacara apel gelar pasukan operasi Mantap Brata 2018, di Lapangan Halaman Markas Polres Solok Kota itu dipandu oleh Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli,Dt.Khatib Sulaiman, Ketua MUI Kota Solok H.Afrizal Thaib serta Perwakilan Bundo Kanduang Kota Solok dan diikuti oleh Polri, TNI, KPU, Bawaslu, Pimpinan Partai Politik dan sejumlah tokoh masyarakat lingkup wilayah hukum Kota Solok, Rabu (19/9).

Awali  Pengucapan deklarasi oleh Kapolres Solok Kota dilakukan penandatanganan kesepakatan deklarasi tungku tigo sajarangan. Penandatangan dilanjutkan oleh Ketua Bawaslu, Ketua KPU Kota Solok, LKAAM, Bundo Kanduang, Pimpinan Parpol serta perwakilan media.

Ketua LKAAM Kota Solok Rusli,Dt.Khatib Sulaiman mengatakan deklarasi ini sangat besar manfaatnya dan memiliki nilai strategis untuk menyiapkan diri dalam menghadapi pesta demokrasi.

“Pemilu 2019 akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPD RI, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten dan kota, sehingga membuat pemberitaan di media maupun jagad maya menjadi hangat, apalagi untuk presiden calon hanya dua pasang, tidak tertutup kemungkinan kuatnya pro kontra antara pendukung”, Imbuhnya.

Dengan demikian, Dt.Khatib Sulaiman mengapresiasi langkah Polres Solok Kota, yang telah mengantisipasinya terlebih dahulu dengan memanfaatkan semaksimal mungkin nilai-nilai kearifan dan kebijakan di Minangkabau yaitu, tungku tigo sajarangan.

“Tegas  tungku tigo sajarangan termasuk bundo kanduang sangat mendukung kebijakan yang diambil Polres Solok Kota dalam membangun kondisi demokrasi yang aman, damai ,tertib dan badunsanak”, imbuhnya.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Kota Solok itu berharap, setelah deklarasi ini semua unsur baik pemerintahan, ninik mamak, alim ulama cadiak pandai serta bundo kanduang maupun elemen masyarakat lainnya bersatu dan bersama-sama men-sukseskan pemilu 2019 mendatang.

Sementara Ketua MUI Kota Solok H.Afrizal Thaib memaparkan demokrasi pemilu serentak merupakan ajang pemilihan pemimpin propesional,pemilu ini hendaknya tidak dipandang sebagai sebuah pertandingan, melainkan perlombaan dalam memberikan terbaik bagi masyarakat.

"Dalam peserta yang ikut dalam kompetisi pemilu serentak ini harus memperlihatkan kompetensi dan kemampuan diri ke masyarakat, dan tidak menggunakan cara lain yang tidak mencerminkan agama dan moral yang baik", ujarnya.

Dimana Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan,S.IK,MH, menyapaikan berhubung 2019 merupakan tahun politik, untuk itu pihaknya berinisiatif untuk mengumpulkan perangkat tungku tigo sajarangan, KPU, Bawaslu, TNI, partai politik yang akan ikut berkompetisi serta tokoh masyarakat lainnya, dengan  mewujudkan pemilu yang jujur, adil, damai dan  rasa persaudaraan.

Adapun deklarasi ini diharapkan dapat meningkatkan peran tokoh masyarakat, baik tokoh alim ulama, cadiak pandai, penghulu adat, bundo kanduang, KPU, Bawaslu dan unsur lainnya dalam menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan di wilayah hukum Polres Solok Kota", tambahnya.

Dikatakan alumni Akpol tahun 2000 itu, bahwa terkait deklarasi badunsanak ini diambil dari kearifan lokal di Minangkabau, karena badunsanak mampu eratkan silaturahmi antar sesama, meski berbeda pendapat, pandangan dan pilihan semua tetap bersatu.

AKBP Dony Setiawan berharap, semua elemen masyarat berperan dalam menyukseskan pemilu 2019, serta saling menjaga keamanan dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak tidak bertanggungjawab yang sengaja manfaatkan situasi.

“Mari kita jaga persatuan dan pererat Rasa kekeluargaan, jangan mudah dipecah belah oleh pihak yang tidak bertanggungjawab hanya karena berbeda pendapat dan pilihan, Sampainya.

Di akhiri Salah satu calon anggota legislatif daerah setempat menyambut baik dan mengapresiasi deklarasi tungku tigo sajarangan yang digagaskan terkait komitmen pelaksanaan pemilu 2019 yang aman, damai dan badunsanak demi menciptakan suasana yang kondusif khususnya di Kota Beras Serambi Madinah, tutupnya.


#Bayu