Breaking

Friday, September 28, 2018

Pasar Singkut Diresmikan 12 Oktober Mendatang, Menampung 147 Kios


MWawasan, Sarolangun~  Gedung Pasar Singkut, Kecamatan Singkut, yang telah berdiri dengan megahnya, akan segera diresmikan oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra. 

Kabid Perdagangan, Dinas Perindag, UKM dan Koperasi, Amin Faisal, Senin (24/9) kemarin, mengatakan bahwa berdasarkan rapat bersama organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum lama ini, disepakati akan diresmikan pada 12 Oktober mendatang. 

"Rencana Peresmian sesuai jadwal rapat lintas OPD, tanggal 12 Oktober mendatang, oleh Bapak Bupati Langsung sekaligus meresmikan terminal singkut," katanya, saat dikonfirmasi media ini. 

Pria yang kerab dipanggil faisal ini, mengatakan bahwa untuk menjelang peresmian pasar singkut, maka para pedagang yang berjualan di sekitar gedung pasar singkut akan dipindahkan ke gedung pasar bertingkat dua lantai itu. 

Hanya saja, katanya gedung pasar modren itu hanya mampu menampung sebanyak 147 kios, yang terdiri dari dilantai 1 ada 84 kios, dan dilantai 2 ada 63 kios, dimana kios berukuran 3 x 4 ada sebanyak 90 kios, ukuran 4 x 6 ada sebanyak 39 kios, dan ukuran 6 x 8 ada sebanyak 18 kios. "Sementai dilantai bawah itu, dikhususkan pasar basah seperti ikan, sayur-sayuran," katanya. 

Namun, pihaknya memprioritaskan para pedagang yang merupakan korban musibah kebakaran pasar singkut pada tahun 2008 silam, dan kebakaran tahun 2010 serta pedagang yang telah digusur. Hanya saja keseluruhan pedagang yang dimaksud tersebut ada sebanyak 277 pedagang, maka pihaknya akan kembali melakukan pendataan. 

"Kalau jumlah pedagang, pasar singkut ini sesuai arahan prioritas pak bupati adalah korban kebakaran 2008 dan 2010, data itu sudah kita pegang, dapat dari camat yang lama. Kita kroscek lagi, mudah mudahan pasar itu cukup. akan di akomodir seluruh pedagang, dan data itu akan di update lagi, karena bisa saja ada pedagang tidaj lagi berjualan," katanya. 
Untuk pengelolaannya nanti, lanjutnya akan diserahkan kepada UPTD Pasar Kabupaten, dan bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Pasar Singkut (APPS). 

"Pengelolaan pasar singkut disini sudah dimandatkan ke uptd pasar, untuk dibawah nanti dilapangan dibantu Asosiasi Pedagang Pasar Singkut, untuk bekerja sama dalam penataan pasar singkut itu, akan membantu UPTD pasar, khususnya Perindagkop," katanya.


#Iksan

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas