Breaking News

Tahun Ini, P2DK Kelurahan Pasar Alokasikan 32 Unit Gerobak


MWawasan, Sarolangun~ Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK), Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun akan mengalokasikan sedikitnya 32 unit gerobak dorong untuk berjualan bagi masyarakat setempat. 

Hal itu dikatakan Lurah Pasar, Junaidi, Senin (06/8) kemarin saat dikonfirmasi harian ini, di ruang kerjanya. 

Dikatakannya, bahwa program P2DK pada tahun ini berdasarkan petunjuk dari Bupati Sarolangun, agar dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu, pihak kelurahan bersama tokoh masyarakat setempat sepakat untuk menyediakan gerobak dorong bagi para pedagang di Kelurahan Pasar Sarolangun. 

"Sesuai dengan juknisnya, kita akan alokasikan gerobak untuk para pedagang, sebanyak 32 unit.  berdasarkan musyawarah, bersama masyarakat pada dua minggu yang lalu," katanya. 

Di dalam Juknisnya, kata lurah ini. Bahwa program P2DK bisa saja digunakan ke arah pengadaan mesin jahit, tenda, bibit perikanan atau peternakan, bahkan juga pertanian. Namun, dikarenakan Kelurahan Pasar Sarolangun mayoritasnya banyak pedagang, maka diarahkan ke pengadaan gerobak. 

"Yang jelas untuk meningkatkan ekonomi, pilihannya banyak mesim jahit, gerobak, tenda, bibit, ternak kebau," katanya. 

Untuk penerima Gerobak tersebut, lanjut dia. Pihak RT setempat akan melakukan seleksi bagi pedagang yang benar-benar membutuhkan, sehingga tidak ada tumpang tindih di tengah masyarakat. Karena selain membantu pedagang yang kurang mampu, pemberian gerobak ini juga akan mendongkrak ekonomi masyarakat. 

"Penerimanya ya kita serahkan koordinator Per RT yang berhak menyeleksi, karena ada juga sebagai bantuan bagi pedagang memang butuh gerobak baru, karena tidak layak lagi di pakai. Pedagang di seleksi, untuk menilai para pedagang yang layak untuk menerima gerobak," katanya lagi. 

Ia juga merencanakan gerobak ini akan diserahkan nanti beberapa bulan kedepan secara serentak. Dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Untuk diketahui pada tahun 2017 yang lalu, program P2DK di Kelurahan Pasar Sarolangun digunakan untuk pembangunan fisik berupa pembangunan jalan setapak dan drainase.


#Iksan