Breaking News

Stock Hewan Kurban di Sarolangun Cukup


MWawasan, Sarolangun~ Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak), Kabupaten Sarolangun memastikan stock hewan kurban cukup dalam menyambut datangnya hari raya Idul Adha 1439 Hijriah, yang jatuh pada 22 Agustus 2018 mendatang. 

Hal itu dibenarkan Peltu Kadiskanak, Asnawi melalui Kabid Peternakan Ade Irawan, Rabu (01/8) kemarin. Menurutnya, saat ini pihaknya terus melakukan pendataan terkait jumlah kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Sarolangun. 

Namun, berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, kata Ade. Bahwa secara keseluruhan di Kabupaten Sarolangun akan membutuhkan hewan kurban sebanyak 500 ekor sapi dan kerbau. 

" Kalau untuk stock hewan qurban analisa kebutuhan dari tahun sebelumnya realisasi sekitar 500 ekor hewan kurban," katanya. 

Ade juga mengatakan bahwa berdasarkan data jumlah populasi hewan ternak sapi dan kerbah, di Kabupaten Sarolangun, tahun 2018 ini ada sebanyak lebih kurang 14.000 ekor.  Biasanya 40 persen dari jumlah populasi tersebut adalah hewan ternak jantan. 

" Masalah stock Kabupaten, populasi kita ini untuk sapi dan kerbau ada sekitar 14 ribu ekor, dan biasanya 40 persen dari populasi itu jantan, sekitar 600 ekor. Dan tentunya hewan kurban itu adalah hewan jantan. Insa allah stock kita cukup," katanya. 

Untuk jumlah populasi hewan ternak baik sapi dan kerbau itu, katanya tersebar di tiap desa. Namun, jumlah populasi terbanyak di Kecamatan Singkut, dan Kecamatan Air Hitam.

Populasi itu, mayoritasnya di budidayakan oleh peternak sapi dan kerbau, ditambah lagi dengan stock hewan ternak para pedagang, yang sebagian ada yang mengambil stock ternak dari luar daerah.  "Di Air hitam saya tanya di satu desa stock hewan kurban ada 14-20 ekor," katanya lagi. 

Ia juga menghimbau menjelang lebaran idul adha ini, supaya para peternak untuk menjaga kesehatan hewan ternaknya, karena sebelum memotong hewan kurban akan dilakukan pengecekan kesehatan, agar terhindar dari penyakit berbahaya yang bisa saja menular kepada manusia.


#Iksan