Breaking News

Napi Bisa Nyoblos, Dukcapil akan Upgrade Data Warga Lapas Agar Bisa Milih 


MWawasan, Sarolangun~ Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun, akan melakukan upgrade data para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIIA Sarolangun. Tujuannya, agar para warga binaan lapas yang merupakan nara pidana, bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

Kadis Dukcapil, Helmi, Senin (13/8) kepada para awak media mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari Lapas Kelas IIIA Sarolangun, sebanyak 319 warga binaan lapas untuk diupgrade datanya. 

" Tadi kita terima laporan dari lapas kelas IIIA Sarolangun, bahwa ada 319 orang warga binaan lapas belum merekam, dan minta bantu dengan kita agar dilakukan perekaman. Namun, langkah kita warga binaan lapas harus di upgrade datanya agar bisa mengikuti peserta pemilihan legislatif mendatang," katanya. 

Dalam waktu dekat ini, katanya. Pihaknya akan turun ke lapangan (Lapas. red) untuk melihat kembali dokumen pendukunh ratusan warga binaan lapas yang dilaporkan tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan menginventarisir para warga binaan lapas tersebut apakah memiliki Kartu Keluarga, KTP atau dokumen kependudukan lainnya. 

" Kami sudah konfirmasi, akan turun ke lapangan, menginventarisir untuk melihat dokumen pendukung, apakah betul betul belum merekam, atau mungkin dari obeservasi dilapangan melalui kk atau dokumen lainnya bisa dilihat, kita cari jejaknya apakah betul sebanyak itu yang belum merekam, atau nanti bisa berkurang, soalnya kalau sudah pernah merekam diterbitkan akan bermasalah," katanya lagi. 

Apalagi kata Helmi, bahwa dari dokumen laporan jumlah 319 warga binaan lapas tersebut, sebanyak 90 persen merupakan warga yang berdomisili di Kabupaten Sarolangun. Jadi, pihaknya akan lebih mudah mencari alamat warga tersebut, apalagi bagi yang pernah merekam akam diketahui ketika melakukan pengecekan atau perekaman iris mata warga tersebut.  

" Dari dokumen yang disampaikan, sekitar 90 persen berdomisili di kabupaten sarolangun. saya lihat alamat mereka berasal dari sarolangun, jadi tidak sulit melacaknya, apalagi kalau kita cek melalui iris matanya," katanya.


#iksan