Breaking News

Kampung Madani SAD Lakukan Budidaya Ikan


MWawasan, Sarolangun~ Kawasan terpadu kampung madani Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, telah dibuat tiga kolam ikan untuk budidaya ikan bagi kelompok SAD yang diberikan bimbingan dan pembinaan oleh Pemerintah Daerah serta Jajaran TNI/Polri, yang bersatu padu memberikan ilmu dan wawasan agar warga SAD disana bisa mengelola kolam ikan. 

Saat kunjungan Pangdam II/Sriwijaya Mayjend TNI Irwan, S. IP, M. Hum, bersama Dankodiklatad Mayjend TNI AM Putranto, Peltu Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, tampak melepas bibit ikan nila, ke salah satu kolam di kawasan kampung madani tersebut.

Kabid Perikanan Ibie Patria, S. St.P.i, Rabu (01/8) kemarin, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa memang saat ini Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sarolangun bersama jajaran TNI dari Kodim 0420 Sarko, melakukan pembinaan budidaya kolam ikan bagi warga SAD disana. 

" Kolamnya ada tiga, yang dibuat oleh TNI bersama warga SAD, kita hanya membantu bibit dan melakukan pembinaan, pertama kali pada tanggal 12 Juli yang lalu, memberikan pengarahan, pembinaan dan penyuluhan kepada warga SAD serta mencontohkan penebaran ikan," katanya. 

Kemudian, pihaknya kembali melakukan pembinaan kedua kalinya, pada tanggal 21 juli lalu dengan memberikan penyuluhan yang kedua, dengan materi yang sama pada saat pembinaan pertama. 

" Kedepannya, kita tidak main main dalam berpartisipasi, kita akan berupaya semaksimal mungkin, agar mereka nanti bisa mandiri. Kita akan buat SK Internal di Diskanak untuk mendampingi warga SAD disana, dan akan turun secara bergantian," katanya. 

Terpisah, Peltu Kadis Perikanan dan Peternakan, Asnawi, SP, MH, saat dikonfirmasi bahwa bibit nila yang dilepas pada saat kunjungan Pangdam II/Sriwijaya, iru sebanyak 750 ekor, dengan ukuran yang sedang. Dengan harapan bisa memudahkan warga SAD untuk budidaya ikan. 

" Ya,  di kampung madani itu ada tiga kolam, kolam pertama kita budidayakan ikan nila, sebanyak 750 ekor, itu yang kita lepas kemarin," katanya. 

Ia juga menjelaskan, di Kolam kedua direncanakan akan dilepas bibit ikan patin, sebanyak 1.000 -  2.000 ekor, serta pada Kolam ketiga akan dilepas bibit ikan lele sebanyak 2.000 -  3.000 ekor. 

" InsaAllah akan di panen pak presiden, karena rencananya habis asean game bapak presiden akan mengunjungi kesana (kawasan SAD. red). Kita akan terus melakukan pembinaan dan pemantauan, memberi penyuluhan terhadap kelompok tani budidaya ikan warga SAD," katanya lagi.


#Iksan