Breaking News

Hari Ini, 15 Desa Ikuti Pilkades Tahap Kedua


MWawasan, Sarolangun~  Pilkades serentak gelombang kedua tahun 2018 memasuki tahapan kedua, yang dilaksanakan pada hari ini (02/8). Sebanyak 15 Desa di tiga Kecamatan ikut dalam ajang pemilihan Kepala Desa tersebut. 

Diantaranya, Kecamatan Limun ada sebanyak 6 Desa yakni Desa Pulau Pandan, Desa Temenggung, Desa Ranggo, Desa Panca Karya, Deaa Lubuk Bedorong dan Desa Meribung. 
Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) ada sebanyak 4 Desa yakni Desa Lubuk Resam, Desa Teluk Rendah, Desa Teluk Tigo dan Desa Sikamis.

Serta Kecamatan Batang Asai sebanyak 5 Desa yakni Desa Bukit kalimau Ulu, Desa Pulau Salak Baru, Desa Padang Jering, Desa Kasiro Ilir dan Desa Tambak Ratu.
Kabid Kekayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kaprawi, BM, Rabu (01/8) kemarin, mengatakan bahwa persiapan pilkades serentak tahapan kedua tersebut sudah rampung dilakukan,  baik sarana prasarananya maupun secara tekhnis kegiatan. 
" Persiapan kita sudah komplit, setelah tahap pertama kemarin dilakukan, peralatan langsung disterilkan untuk pilkades tahap kedua, dan insa allah sipa dilaksanakan besok, (Hari ini. red)," katanya, saat dikonfirmasi di sela kegiatannya. 

Kaprawi juga mengatakan bahwa dalam pilkades tahap kedua ini, setiap desa rata-rata ada 2 orang sampai 5 orang calon kades yang akan di pilih masyarakat. Maka, ia meminta agar masyarakat menggunakan hak suaranya dengan memilih calon kades sesuai dengan hati nurani.

" Calonnya ada 2-5 calon kepala desa. dan kita lihat tahap pertama kemarin, respon masyarakat sangat bagus, dengan menerapkan sistim e-voting ini. Kita himbau masyarakat untuk dapat menyalurkan suaranya sesuai dengan pilihannya, dan bisa dilakukan semua golongan dengan sistim e voting ini, kecuali yang mengalami disabilitas," katanya lagi. 

Kemudian jika ada kejanggalan dalam pilkades ini, dirinya meminta masyarakat untuk melakukan pelaporan ke panitia pelaksana desa, untuk segera ditangani dengan cepat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

" Kalau ada pelanggaran, silahkan lapor ke KPPS, kemudian ditindak lanjuti ke PPS, kalau tidak bisa diseleaaikan baru ke kecamatan. Namun, kita harap agar pilkades ini tetap aman dan kondusif," tukasnya.


#Iksan